Program Studi Arab – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Gelar Festival Timur Tengah ke-12

Mahasiswa Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Asia Barat (IKABA FIB) menggelar grand launching Festival Timur Tengah Universitas Indonesia (FTT UI) 2023 dengan tema Al-Syarq Yafûq Al-Gharb (The East Beyond the West). Festival yang mengusung slogan “Melintasi Batas, Menyatukan Budaya” digelar selama 4 hari dari 27 – 30 November di area Auditorium Gedung IX FIB UI dengan dimeriahkan 10 jenis lomba yang diikuti 234 peserta terdiri dari kategori umum, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini Duta Besar Qatar, H.E. Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti; Charge d’affaires of Kuwait to Indonesia, H.E. Abdullah Alfadhli; Konselor Wakil Duta Besar Palestina, H.E. Muammar Milhem; Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Bapak Bagus Hendraning Kobarsyih; Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum.; Ketua Program Studi Arab, Bapak Bastian Zulyeno, Ph.D.

Penyelenggaraan FTT UI 2023 ini merupakan perhelatan ke-12 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 yang pada saat itu menghasilkan sebuah organisasi yang menghimpun seluruh Mahasiswa Prodi Arab dengan nama IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab se-Indonesia). Ada 10 macam yang diperlombakan dalam FTT 2023 kali ini meliputi Taqdimul qishoh (tutur kisah), Qira’ah asy-syi’ir (baca puisi), Qira’ah akhbar (baca berita berbahasa arab), Al munadharah (debat berbahasa arab), Ghina’ araby (menyanyi arab), Al ma’lumat (cerdas cermat), Al wuquf al kumidiu (stand-up comedy), Fannu Al khatti Al Arabiy (kaligrafi), Dablajatu kartun (sulih suara) dan Al Maqalat (esai). Kegiatan ini melibatkan perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki Program Studi Arab, Sastra Arab, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Dr. Bondan Kanumoyoso menyatakan penyelenggaraan Festival Timur Tengah yang sudah keduabelas kalinya menjadi milestone bagi FIB UI dalam upaya menyampaikan potret yang utuh kepada masyarakat mengenai negara-negara di Timur Tengah dari sisi keragaman dan kekayaan budaya, sastra, serta karya-karya seninya. Melalui gelaran festival ini mahasiswa dan masyarakat dapat melihat sisi lain indahnya negara-negara di Timur Tengah. Kalangan akademisi juga sangat berperan penting dalam menyampaikan pesan-pesan positif kepada generasi muda melalui acara seperti Festival Timur Tengah dan oleh sebab itu diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu.

Ketua Program Studi Arab, Bastian Zulyeno mengemukakan bahwa melalui kegiatan festival ini, mahasiswa dapat mempromosikan sekaligus mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman dan toleransi antarbudaya. Selain itu, kegiatan ini akan banyak memberikan pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa baik penyelenggara maupun peserta, khususnya mengenai budaya Timur Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Timur Tengah Kemenlu RI, Bagus Hendraning Kobarsyih turut memberikan pernyataan atas penyelenggaraan FTT. Pelaksanaan FTT tahun ini terasa sangat khusus karena bersamaan dengan suasana kemelut konflik di Gaza sekarang, sehingga diharapkan FTT ini akan memberikan perspektif lebih luas mengenai kebudayaan dan geopolitik di kawasan tersebut baik kepada sivitas akademika lainnya dan kepada publik secara umum, terlebih dilakukan di kampus yang menjadi barometer di Indonesia sekarang.

Sementara itu, lomba -lomba yang diselenggarakan mendapatkan animo yang sangat tinggi. Project Officer Festival Timur Tengah Universitas Indonesia 2023, Zharfa Zayyan Roswy, menyampaikan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 234 orang, dan hal ini melampaui target awal yang hanya 200 peserta. Antusiasme ini hasil dari kerja keras panitia penyelenggara yang melakukan terobosan dalam hal promosi dan sosialisasi selain menambah jenis lomba.

Festival Timur Tengah 2023 berhasil menghadirkan serangkaian acara dan aktivitas yang menarik sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman tak terlupakan dengan keragaman budaya Timur Tengah seperti seni musik, tari, kuliner, dan tradisi-tradisi Timur Tengah lainnya.

Related Posts