Program Doktor Ilmu Filsafat

Program Doktor Ilmu Filsafat

PROGRAM DOKTOR ILMU FILSAFAT
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Kesatuan pandangan tentang manusia dan persoalan hidupnya adalah wilayah penelitian filsafat sejak awal sejarahnya. Pertemuan filsafat dengan masalah-masalah kontemporer di bidang ilmu dan kemanusiaan di masa kini, meyakinkan kembali pentingnya suatu pandangan komprehensif tentang manusia, alam, dan kebudayaan. Sudut pandang inilah yang merupakan visi utama program pendidikan filsafat.

MISI
Menghasilkan cendekiawan, peneliti, dan pemikir yang mampu menangkap secara komprehensif persoalan ilmu dan masyarakat, nilai dan etika, serta kontruksi masyarakat kontemporer, di dalam upaya memajukan kemanusiaan dan mendatangkan pencerahan pemikiran. Dalam konteks ini, misi program pendidikan filsafat selalu ada dalam kesatuan: komprehensif (dalam metodologi), kejernihan(dalam analisis), dan kepekaan (dalam sikap etis).

PROGRAM STUDI ILMU FILSAFAT
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Profil Lulusan Doktor Arkeologi
Doktor bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu mengevaluasi pengetahuan Filsafat dengan cara mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji dalam memecahkan masalah bidang Filsafat sehingga bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

2. Capaian Pembelajaran
1. SIKAP
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
b. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
c. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
d. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
e. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
f. Menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan (veritas, probitas, iustitia)

2. PENGETAHUAN
a. Menguasai konsep-konsep teoritis dari sistematika filsafat yang terdiri dari ontologi, epistemologi dan aksiologi;
b. Menguasai kecapakan berpikir berdasarkan kaidah-kaidah logika klasik dan modern;
c. Menguasai sejarah, tema dan ragam aliran filosofis yang berkembang dari periode Yunani Kuno sampai periode Kontemporer;
d. Menguasai konsep-konsep teoritis dari isu-isu filosofis terkini dalam bidang sosial, politik, budaya, bahasa, hukum, ekonomi, teknologi, seni, sastra, agama dan pendidikan; serta
e. Menguasai prinsip-prinsip perkembangan ilmu pengetahuan

3. KETERAMPILAN KHUSUS
a. Mampu menerapkan pendekatan filsafat sebagai instrumen analisis ontologis, epistemologis dan aksiologis dalam melihat persoalan-persoalan sosial-budaya, khususnya isu-isu kontemporer;
b. Mampu membuat desain argumentasi yang terstuktur dengan baik dan benar dalam menganalisis fenomena sosial-budaya;
c. Mampu mengaplikasikan pendekatan kecakapan berpikir (critical thinking) dalam memberikan solusi alternatif dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial-budaya dalam konteks lokal ataupun global;
d. Mampu mengkaji gagasan-gagasan filosofis dalam konteks dialog dengan disiplin ilmu-ilmu lain;
e. Mampu memilih sumber daya dan referensi teks-teks filsafat dengan berbasis teknologi informasi yang sesuai untuk kepetingan akademis.
f. Mampu mengkaji, mengkomunikasikan dan mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang filsafat secara mandiri maupun kolektif

4. KETERAMPILAN UMUM
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
c. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
d. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
e. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
f. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

PENGAJAR TETAP PROGRAM DOKTOR ILMU FILSAFAT
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

 

Prof. Dr. Riris K Sarumpaet
Ilmu Filsafat
Dr. Donny Gahral Ardian
Ilmu Filsafat
Dr. Eko Wijayanto
Ilmu Filsafat
Dr. Herdito Sandi Pratama
Ilmu Filsafat
Prof. Peter Carey, Ph.D.
Tiddy Smith, Ph.D.
Dr. Fristian Hadinata

SEBARAN MATA KULIAH ILMU FILSAFAT
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

SEMESTER 1

SEMESTER 2

SEMESTER 3

KODE

MATA KULIAH

SKS

KODE

MATA KULIAH

SKS

KODE

MATA KULIAH

SKS

BUD 90005

Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Metodologi

5

BFT 90204

Teori dan Me- todologi Filsafat

5

BFT 90707

Ujian Proposal Riset

6

BUD 90004

Teori dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Budaya

5

BFT 90205

Bacaan Penunjang Disertasi

3

Jumlah

10

Jumlah

5

Jumlah

9

Jumlah SKS Semester 1

10

Jumlah SKS Semester 2

5

Jumlah SKS Semester 3

9

 

SEMESTER 4

SEMESTER 5

SEMESTER 6

KODE

MATA KULIAH

SKS

KODE

MATA KULIAH

SKS

KODE

MATA KULIAH

SKS

BFT 90705

Laporan Perkem- bangan Riset

4

BFT 90708

Ujian Hasil Riset

8

BFT 90710

Promosi

6

BFT 90709

Publikasi Karya Ilmiah

8

Jumlah

4

Jumlah

16

Jumlah

6

Jumlah SKS Semester 4

4

Jumlah SKS Semester 5

16

Jumlah SKS Semester 6

6

 

Wajib Program Studi

50

Peminatan

0

Total beban Studi

50 SKS