Program Studi Inggris

Program Studi Inggris

PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI INGGRIS
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Menjadi program studi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penerapan penelitian di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris yang berperspektif lintas- bangsa dan lintas-disiplin;
  2. Menghasilkan lulusan yang berwawasan majemuk, mampu berpikir kritis dan kreatif, serta mampu berkompetisi pada tingkat global di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris;
  3. Mengembangkan kerja sama pada tingkat nasional dan internasional di bidang peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris.

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. Profil Lulusan Sarjana Sastra Inggris

Sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang menguasai dasar-dasar pemikiran ilmiah dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah di bidang budaya dan bahasa negara-negara berbahasa Inggris dari perspektif Indonesia, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan memberikan pelayanan yang terkait dengan bahasa Inggris, serta mampu menerapkan pengetahuan dan wawasan lintas budaya untuk berperan aktif sebagai agen perubahan sosial.

2. Kompetensi Utama

a. Mampu menganalisis permasalahan budaya kontemporer masyarakat berbudaya Inggris dari perspektif Indonesia dan lintas budaya dan menemukan solusinya;
b. Mampu memproduksi wacana tulis dan lisan dalam berbagai ragam sesuai struktur dan kaidah bahasa Inggris yang berterima;
c. Mampu menganalisis fenomena kebahasaan dalam konteks sosial budaya masyarakat berbahasa Inggris (English-speaking society);
d. Mampu menerapkan teori kajian sastra budaya dalam menganalisis karya sastra dan fenomena budaya masyarakat berbahasa Inggris;
e. Mampu menganalisis fenomena budaya, linguistik, dan teks sastra, baik lisan maupun tulis, dalam perspektif linguistik, sastra, dan budaya masyarakat berbahasa Inggris.

3. Kompetensi Pendukung

a. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
b. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian budaya;
c. Mampu menjelaskan corak dan dinamika kebudayaan Indonesia;
d. Mampu menguraikan ragam filsafat dan pemikiran modern;
e. Mampu memaparkan manusia dan masyarakat Indonesia kekinian dan hubungannya dengan bangsa lain dalam konteks global;
f. Mampu mengkaji karya kreatif secara kritis dalam dinamika global;
g. Mampu memprakarsai perubahan sosial dan budaya berdasarkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan yang secara kritis dipelajari dari proses silang budaya Inggris-Indonesia;
h. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar penerjemahan, pembelajaran bahasa, dan penulisan kreatif;
i. Mampu menerapkan kaedah berbahasa Inggris yang baik dan teori penulisan populer dalam menghasilkan karya tulis, seperti tulisan akademik dan puisi, drama dan teater, dan prosa.

4. Kompetensi Lainnya

a. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi;
b. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;
c. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik;
d. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain;
e. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.

PENGAJAR TETAP PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI INGGRIS
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

 

Prof. Melani Budianta, Ph.D.
Sisilia Setiawati Halimi, Ph.D.
Manneke Budiman, Ph.D.
Shuri Mariasih Gietty, Ph.D.
Haru Deliana Dewi, Ph.D.
Harwintha Yuhria Anjarningsih, Ph.D
Bayu Kristianto, Ph.D.
Dr. Dhita Hapsarani
Diding Fahrudin, M.A

scholar.ui.ac.id

Iswahyudi, M.A.
Junaidi, M.A

scholar.ui.ac.id

Adriana Rahajeng, M.Si
Andika Wijaya, MTrans Interp
Asri Saraswati, M.Hum.
Harumi Manik Ayu Yamin, M.Hum.
Herlin Putri Indah Destari, M.A.
Inditian Latifa, M.A.
Lucia Lusi Ani Handayani, M.A.
Marti Fauziah Ariastuti, M.Hum.
Muhammad Fuad, M.A.
Nila Ayu Utami, M.A.
Teraya Paramehta, M.A.
Yasmine Anabel Panjaitan, M.Hum.

 

SEBARAN MATA KULIAH PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI INGGRIS
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

 

SEMESTER 1

SEMESTER 2

SEMESTER 3

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS
UIGE600001 MPK Terintegrasi A 6 UIGE600002 MPK Terintegrasi B 6 HMPH600001 Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern 3
UIGE 600020- 30/ UIGE 600040-48 MPK Seni/ Olahraga 1 UIGE600003 MPK Bahasa Inggris 3 HMAS600004 Dasar-dasar Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan 3
HMEN610003 Bahasa Inggris I 4 UIGE600010-15 MPK Agama 2 HMEN610005 Bahasa Inggris III 4
HMEN610009 PengantarKesusasteraanInggris 3 HMEN610004 Bahasa Inggris II 4 HMEN610037 Morfologi Bahasa Inggris 3
HMEN610033 Dasar-dasar Linguistik Bahasa Inggris 2 HMEN610010 Fonetik dan Fonologi Bahasa Inggris 3 HMEN610035 Pengkajian Drama Inggris 3
HMEN610034 Pengkajian Prosa Inggris 3 HMEN610014 Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Inggris 3
HMEN610036 Pengkajian Puisi Inggris 3
Jumlah 16 Jumlah 21 Jumlah 22

 

SEMESTER 4

SEMESTER 5

SEMESTER 6

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS
HMAS600001 KebudayaanIndonesia 3 UISH600001 Manusia danMasyarakatIndonesia 3 HMIN600001 Bahasa Indonesia Akademik 3
HMEN610006 Bahasa Inggris IV 4 HMEN610007 Bahasa Inggris V 4 HMEN610024 Kajian Sastra dan Budaya Inggris Tematis 2
HMEN610038 Sintaksis Bahasa Inggris 3 HMEN610042 Penulisan Kreatif dalam bahasa Inggris 2 HMEN610020 Dasar-dasarPenerjemahanUmum 3

 

SEMESTER 4

SEMESTER 5

SEMESTER 6

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS
HMEN610039 Semantik Bahasa Inggris 3 HMEN610016 Pengantar Analisis Wacana Bahasa Inggris 3 HMEN610026 Pengantar Teori- teori Pengajaran Bahasa inggris 3
HMEN610040 Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Australia 3 HMEN610017 PengantarSosiolinguistik 3 HMEN610043 Kajian Budaya Populer 3
HMEN610015 Perkembangan Kebudayaan dan Kesusastraan Amerika 3 HMEN610041 Kritik Sastra Inggris 3 HMEN610008 Bahasa Inggris VI 4
Pilihan 3 Pilihan 3 Pilihan 3
Jumlah 22 Jumlah 21 Jumlah 21

 

SEMESTER 7

SEMESTER 8

KODE

MATA KULIAH SKS

KODE

MATA KULIAH SKS
HMEN610044 Membaca Kritis dan Penulisan Ilmiah dalam Bahasa Inggris 3 HMEN610032 Skripsi 5
HMEN610021 Wicara di Depan Umum 3 Pilihan
HMEN610045 Kajian Drama dan Teater Inggris 3
HMEN610029 Kajian Film dan Media Berbahasa Inggris 3
Pilihan 4
Jumlah 16 Jumlah 5

 

Wajib Program Studi (termasuk wajib Univ. & Fak.) 98 SKS 33 SKS
Peminatan

0 SKS

Pilihan Bebas

13 SKS

Total beban Studi

144 SKS

_______________________________________________________________________________________________________________________________________

Vision
To be the leading English Studies Program in the study of culture of the English-speaking societies.

Missions
English Studies program aims to:
1. Provide education and produce interdisciplinary research in accordance with the culture of English-speaking societies with a global perspective.
2. Produce graduates who are critical, creative, knowledgeable on the culture of English-speaking societies, and able to compete in the global stage.
3. Develop collaborations on national and international levels in order to improve the quality of education and its application.

GRADUATE PROFILE AND COMPETENCIES

1. Profile of English Studies Program Graduate
Graduates of English Studies Program can apply the principles of scientific thought to identify and to analyze various issues in cultural and linguistic fields that are related to English-speaking societies from Indonesian perspective, maintain effective communication in English provide services that requires the mastery of English, and apply intercultural concept and knowledge to play an active role as the agents of social change.

2. Core Competencies

a) To be able to analyze contemporary cultural issues related to English-speaking societies from both Indonesian and intercultural perspectives and to find the solutions to such issues;
b) To be able to produce both verbal and written discourses with different registers in accordance with the acceptable English language structure and convention;
c) To be able to analyze linguistic phenomena in the socio-cultural context of English-speaking societies;
d) To be able to apply literary and cultural studies theories to analyze literary works and cultural phenomena of English-speaking societies;
e) To be able to analyze cultural, linguistic, and literary phenomena, in both verbal and written discourses, from the linguistic, literary, and cultural perspectives of English-speaking societies.

3. Supporting Competencies

a) To be able to formulate scientific ideas, both verbally and in written forms, using the standard Indonesian language;
b) To be able to apply the theories and research methods in cultural studies;
c) To be able to explain the characteristics and dynamics of Indonesian culture;
d) To be able to elaborate various philosophical and modern thoughts;
e) To be able to present the contemporary Indonesian people and society and their relationships with other nations in the global context;
f) To be able to conduct a critical review of creative works within the global dynamics;
g) To be able to initiate social and cultural changes that are based on the values of justice and honesty which are learned through a critical cross-cultural learning process;
h) To be able to apply the basic principles of translating, language teaching, and creative writing;
i) To be able to apply the correct English language convention and the theories of popular writing in producing different written works, such as academic papers, poems, prose, and theater plays.

4. Other Competencies

a) To be able to use information and communication technology;
b) To be able to think in a critical, creative, and innovative manners and to have intellectual curiosity to solve problems both at the individual level and as a group;
c) To be able to use both spoken and written Indonesian and English in a correct and proper manner for academic and non-academic activities;
d) To be able to behave with integrity and to respect others;
e) To be able to identify a variety of entrepreneurial efforts that are characterized by ethical innovation and autonomy.