PROGRAM STUDI SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA JAWA
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
UNIVERSITAS INDONESIA
VISI
Menjadi lembaga pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang studi filologi, linguistik, kesusasteraan, dan kebudayaan Jawa untuk meningkatkan peran kebudayaan dalam pembangunan manusia yang produktif.
MISI
1. Memberikan bekal kemampuan akademik melalui pendidikan dan penelitian di bidang filologi, linguistik, kesusastraan, dan kebudayaan Jawa serta pendayagunaannya secara kreatif;
2. Memberikan bekal kepribadian yang cerdas (soft skill), produktif, dan komunikatif melalui studi filologi, linguistik, kesusasteraan, dan kebudayaan Jawa agar mampu beradaptasi
dengan perkembangan era digital;
3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui kajian pernaskahan, kebahasaan, kesastraan, dan budaya Jawa serta daerah lain yang tepat guna bagi penyelesaian
masalah sosial-budaya;
4. Berperan dalam memecahkan permasalahan kemanusiaan melalui kerja sama antarlembaga pendidikan dan pemangku kepentingan, sebagai perwujudan kepedulian dan tanggung
jawab sosial.
TUJUAN PROGRAM STUDI
1. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis gejala budaya Jawa, melalui konsep teoretis filologi, linguistik, atau kesusasteraan, dan keterampilan berbahasa Jawa, serta
mampu mendayagunakannya guna penyebarluasan ilmu pengetahuan dan peningkatan kreativitas masyarakat;
2. Menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan tuntutan dan perkembangan era digital dengan bekal kepribadian yang cerdas (soft skill) dan produktif di bidang
pernaskahan, kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan daerah;
3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai rasa tanggung jawab, kepedulian sosial, komunikatif, serta mampu berkontribusi dalam memecahkan permasalahan kemanusiaan.
PROFIL/ATRIBUT LULUSAN
1. Kemampuan memahami teks dan pembicaraan serta mengungkapkan gagasan dalam bahasa Jawa yang setara dengan standar ACTFL level mahir (Advanced).
2. Kemampuan dan keterampilan menerapkan kaidah penyuntingan teks beraksara Jawa, Jawa Kuno, dan Pegon.
3. Kemampuan menganalisis wacana berbahasa Jawa dan Jawa Kuno dengan menggunakan teori dan metode penelitian linguistik.
4. Kemampuan menganalisis teks sastra Jawa dan Jawa Kuno dengan menggunakan teori dan metode penelitian sastra.
5. Kemampuan menganalisis nilai-nilai budaya Jawa dan budaya daerah lain yang hasilnya dapat digunakan secara kreatif untuk meningkatkan peran kebudayaan dalam pemecahan
masalah sosial budaya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Mampu memahami teks dan pembicaraan serta mengungkapkan gagasan dalam bahasa Jawa yang setara dengan standar ACTFL level mahir (Advanced).
2. Mampu menerapkan kaidah penyuntingan teks beraksara Jawa, Jawa Kuno, dan Pegon.
3. Mampu menganalisis wacana berbahasa Jawa dan Jawa Kuno dengan menggunakan teori dan metode penelitian linguistik.
4. Mampu menganalisis teks sastra Jawa dan Jawa Kuno dengan menggunakan teori dan metode penelitian sastra.
5. Mampu menganalisis nilai-nilai budaya Jawa dan budaya daerah lain yang hasilnya dapat digunakan secara kreatif untuk meningkatkan peran kebudayaan dalam pemecahan masalah
sosial budaya.
PENGAJAR PROGRAM STUDI SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA JAWA
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
UNIVERSITAS INDONESIA
SEBARAN MATA KULIAH
PROGRAM STUDI SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA JAWA
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
UNIVERSITAS INDONESIA
|
SEMESTER 1 |
|
|
SEMESTER 2 |
|
|
SEMESTER 3 |
|
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
UIGE 600003 |
MPK Bahasa Inggris |
2 |
UIGE 600006 |
MPK Terintegrasi |
5 |
HMAS 600053 |
Penulisan Ilmiah |
2 |
UIGE 600004 |
MPK Agama |
2 |
HMAS 600005 |
Dasar Dasar Ilmu Pengetahuan Budaya |
2 |
HMJA 600048 |
Bahasa Jawa 3 |
4 |
HMJA 600042 |
Bahasa Jawa 1 |
4 |
HMJA 600046 |
Bahasa Jawa 2 |
4 |
HMJA 600049 |
Bahasa Jawa Kuno |
3 |
HMJA 600043 |
Ikhtisar Kebudayaan Jawa |
3 |
HMJA 600018 |
Pranata Jawa |
3 |
HMJA 600032 |
Kesenian Jawa |
3 |
HMJA 600044 |
Sistem Bunyi Bahasa Jawa |
3 |
HMJA 600035 |
Aksara Daerah |
3 |
HMJA 600050 |
Dasar-Dasar Filologi |
3 |
HMJA 600045 |
Ikhtisar Sastra Daerah |
4 |
HMJA 600047 |
Reaktualisasi Nilai dalam Kesusastraan Jawa |
3 |
HMJA 600051 |
Telaah Kesusastraan Jawa |
3 |
|
|
|
|
|
|
HMJA 600052 |
Gramatika Bahasa Jawa |
3 |
|
Jumlah |
18 |
|
Jumlah |
20 |
|
Jumlah |
21 |
|
SEMESTER 4 |
|
|
SEMESTER 5 |
|
|
SEMESTER 6 |
|
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
HMJA 600053 |
Bahasa Jawa 4 |
4 |
|
Merdeka Belajar |
9 |
|
Merdeka Belajar |
20 |
HMJA 600054 |
Bahasa Sanskerta |
3 |
HMJA 600059 |
MetodePenelitian Kebudayaan |
4 |
|
|
|
HMJA 600055 |
Sastra Babad |
3 |
HMJA 600060 |
Penerjemahan Jawa–Indonesia |
3 |
|
|
|
|
SEMESTER 4 |
|
|
SEMESTER 5 |
|
|
SEMESTER 6 |
|
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
HMJA 600056 |
Kritik Teks Jawa |
3 |
HMJA 600061 |
Kapita Selekta Studi Bahasa Jawa |
3 |
|
|
|
HMJA 600028 |
Kritik Sastra Jawa |
3 |
HMJA 600062 |
Preservasi Naskah |
3 |
|
|
|
HMJA 600057 |
Studi Makna Bahasa Jawa |
3 |
|
|
|
|
|
|
HMJA 600058 |
Kearifan Jawa |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
22 |
|
Jumlah |
22 |
|
Jumlah |
20 |
|
SEMESTER 7 |
|
|
SEMESTER 8 |
|
|
||
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
|
||
HMAS 600002 |
Tugas Akhir |
5 |
|
|
|
|
||
|
Merdeka Belajar |
16 |
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah |
21 |
|
Jumlah |
0 |
|
Resume
MK Wajib Universitas |
9 SKS |
MK Wajib Fakultas |
4 SKS |
MK Wajib Program Studi |
86 SKS |
Merdeka Belajar |
45 sks |
Total beban Studi |
144 SKS |
Kurikulum Program Sarjana Program Studi Sastra Daerah untuk Sastra Jawa ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor 2435/SK/R/UI/2020 tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun 2020 Program Studi Sastra Daerah untuk Sastra Jawa Program Pendidikan Sarjana Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————–
Vision
To be an internationally distinguished institute for education, research, and community engagement in the fields of Javanese language, literature, and culture by 2025.
Missions
Javanese Studies program aims to:
1). Educate human resources that have competences in the fields of Javanese language, literature, and culture and high competitiveness at global level.
2). Develop education and community engagement based on research of Javanese language, literature and culture.
3). Develop Indonesian-ness studies through the studies of Javanese and other regions’ language, literature, and culture.
4). Increase the quantity and quality of lecturers’ research regarding Javanese language, literature, and culture, along with publishing their results at national and international levels.
5). Develop cooperation with various internal and foreign parties to increase the quality of human resources and higher education Tridarma (education, research, and community engagement).
Graduate Profile and Competencies
Graduates of Javanese Studies program can to analyze Javanese cultural phenomena, through theoretical concepts of philology, linguistics, or literature and Javanese language skills that are beneficial to science and society in a responsible manner.
Core Competencies
Supporting Competencies
Other Competencies