Prodi Arab FIB UI Gelar Acara Internasional Bertajuk Budaya, Sejarah, Dan Bahasa Arab Dalam Festival Timur Tengah 2022

Ikatan Keluarga Asia Barat (Himpunan Mahasiswa Program Studi Arab) Universitas Indonesia menyelenggarakan acara tahunan-internasional bernama “Festival Timur Tengah 2022” pada Senin, 28 November 2022 – 1 Desember 2022 di FIB UI. Tahun ini Festival Timur Tengah mengangkat tema besar “Reminiscing Arabian History for a Better Future” dan tagline “Arab dulu, Kini, dan Nanti”. Ketua Panitia Festival Timur Tengah 2022, Nauval Baharmus mengatakan, Festival Timur Tengah (FTT) bertujuan untuk meningkatkan bahasa Arab mahasiswa dan pelajar di Indonesia.

“Festival Timur Tengah ini acara tahunan pergelaran seni, parade, seminar, perlombaan yang merupakan program kerja dari Ikatan Keluarga Asia Barat Himpunan Prodi Sastra Arab FIB UI,” kata Nauval saat sambutan, Senin (28/11) di Auditorium Gedung IV FIB UI Depok.

Ia menjelaskan, peran mahasiswa atau pelajar di lembaga pendidikan Arab adalah meningkatkan dan mengembangkan bahasa Arab atau membentuk lingkungan berbahasa dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab.

Pada rangkaian perlombaan nasional, acara ini meliputi lomba: Baca Berita Arab, Taqdimul Qishah (Storytelling), Soloist, Dubbing, dan Debat Bahasa Arab. Target peserta dari perlombaan nasional ini yaitu mahasiswa dan siswa/i SMA/MA/sederajat. Jumlah peserta ada sekitar 117 mahasiswa dan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia.

Grand Opening Festival Timur Tengah dibuka dengan sambutan dari Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN Y.M. Abdulla Salem Al-Dhaheri, Atase Ekspatriat Kedutaan Besar Republik Yaman untuk Indonesia Khalid bin Saad, Direktur Timur Tengah Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI Bagus Hendraning Kobarsyih, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI Dr. Untung Yuwono, dan Ketua Program Studi Sastra Arab Bastian Zulyeno, Ph.D.

Festival ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN, bersama Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan dan Ketua Program Studi Arab FIB UI dengan pemukulan gong.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Staf Khusus Rektor Bidang Kerjasama Industri dan Pendidikan Universitas Indonesia Muhammad Luthfi Zuhdi, Advisor OIC Youth Indonesia sekaligus Dosen Kajian Ketahanan Nasional SKSG UI Muhammad Syaroni Rofii, Ph.D, dan Kepala Peliputan Kantor Berita MINA sekaligus Wakil Sekjen Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) Rana Setiawan, mahasiswa FIB UI, serta mahasiswa dan pelajar dari berbagai sekolah dan kampus di Indonesia.

Acara Festival Timur Tengah 2022 menjadi ajang untuk menunjukkan kepada Indonesia dan Timur Tengah bahwa mahasiswa/i program studi Arab FIB UI dapat bersaing dalam perlombaan yang berbasis bahasa Arab juga dapat mengundang tokoh-tokoh terkait yang berhubungan langsung dengan dunia Timur Tengah.

FTT 2022 juga menjadi wadah untuk mengenang sejarah Arab sekaligus memperkenalkan budaya Timur Tengah melalui serangkaian lomba, pameran, parade, fashion show, dan pertunjukan lainnya. Festival Timur Tengah 2022 juga menjadi wadah untuk berdiskusi mengenai budaya dan sejarah negara-negara Arab antar mahasiswa bersama para tokoh akademisi lainnya.

Project Officer Festival Timur Tengah 2022 menyampaikan bahwa acara ini bercita-cita untuk menjadi promotor budaya Timur Tengah utama jenjang mahasiswa di Indonesia, sekaligus menginspirasi para pemuda Indonesia untuk lebih terlibat dengan isu-isu Timur Tengah dan Dunia Arab. (LN)

Related Posts