id
id

Pengmas FIB UI Gagas Kegiatan Ramah Lingkungan Di Depok “Depok Urban Trek”

Kampus Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus yang ada di kota Depok. Kampus yang diresmikan pada tahun 1986 ini, membuat kota Depok berkembang menjadi kota yang pesat dan banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor.

Pada awalnya, kota Depok merupakan sebuah daerah yang kawasannya penuh dengan perkebunan. Kemudian, semakin lama kota Depok berkembang menjadi sebuah daerah penyangga Ibu Kota. Dengan hal itu, banyak lahan terbuka dan kawasan hijau yang ada di kota Depok menjadi hilang dan diubah menjadi hunian penduduk. Karena hal tersebut, masyarakat yang tinggal di kota Depok sedikit demi sedikit menyingkirkan para pengguna sepeda.

Akan tetapi, hadirnya UI di kota Depok dapat memberi peluang angin segar untuk para pengguna sepeda. Banyak pohon-pohon dan lahan hijau juga yang ditanam di sekeliling kampus UI. Oleh karena itu, Tim Pengabdi Masyarakat FIB UI memanfaatkan lahan tersebut untuk menggagas kegiatan ramah lingkungan, khususnya di kota Depok dengan menggunakan sepeda.

Kegiatan ramah lingkungan yang digagas oleh Tim Pengmas FIB UI ini telah berhasil dilaksanakan pada 26 November 2022 silam dengan dihadiri lebih dari 200 masyarakat yang memiliki minat dalam hal bersepeda. Peserta yang hadir juga berasal dari berbagai kalangan usia juga daerah. Selain itu, keberhasilan kegiatan ramah lingkungan ini juga terjadi karena adanya kerja sama dari beberapa pihak, seperti sejumlah komunitas sepeda di Depok, UIII, media lokal, hingga Vokasi IPB.

Tidak hanya itu, kegiatan yang dikepalai oleh Bapak Tommy Christomy ini diberi nama “Jajal Trek DUT”. DUT yang merupakan akronim dari Depok Urban Trek memberikan pengalaman kepada komunitas sepeda di Depok dalam hal menunjang ekowisata Depok secara meluas. Trek yang ditempuh oleh peserta dalam acara ini adalah sejauh 10km—15km dan 30km—40km. Daerah-daerah yang dilalui oleh pesepeda dalam kegiatan ramah lingkungan dari Pengmas FIB UI, yaitu UI > Situ Babakan > Situ Gede > Jembatan Panus > Rumah Cimanggis > UIII. Titik kumpul diadakannya kegiatan ramah lingkungan ini berada di Teater Daun FIB UI.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengalaman baik untuk para panitia atau pun peserta pesepeda terkait kesadaran untuk menggunakan sepeda sebagai alternatif komuter dan rekreasi. Selain itu, juga dapat mengembangkan potensi perkotaan melalui ekowisata yang memadukan konservasi, komunitas, dan wisata yang berkelanjutan. (FAR)

Related Posts