Promosi Doktor Ilmu Susastra Sdr. Ade Ariyani Sari Fajarwati

Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Selasa (12/07/2022) meluluskan seorang Doktor yaitu Ade Ariyani Sari Fajarwati dengan disertasi berjudul “Komodifikasi Ruang Poskolonial dalam Alih Fungsi Pabrik Gula Colomadu”. Sidang dilaksanakan secara luring, dipimpin oleh Prof. Dr. Agus Aris Munandar, M.Hum. Sidang promosi Doktor ini juga dihadiri oleh Prof. Manneke Budiman, M.A., Ph.D. (Promotor), Prof. Dr. Lilawati Kurnia. (Kopromotor), Dr. Dhita Hapsarani, M.Hum. (Anggota Penguji), Prof. Melani Budianta, M.A., Ph.D. (Anggota Penguji), Prof. Dr. Purnawan Basundoro, M.Hum. (Anggota Penguji), Shuri Mariasih Gietty, M.Hum., M.A., Ph.D. (Anggota Penguji) dan Lily Tjahjandari, M.Hum, Ph.D. (Anggota Penguji).

Sdr. Ade Ariyani Sari Fajarwati dalam disertasinya menganalisis proses alih fungsi PG Colomadu dengan melihat perbandingan komodifikasi ruang ketika berfungsi sebagai situs industri dan ketika berfungsi sebagai situs komersial, terkait kapitalisme dan relasi kuasa para aktor yang berjalin-kelindan dengan kehidupan masyarakat sekitarnya.

Dalam presentasinya saat sidang terbuka, Sdr. Ade mencoba menawarkan pemahaman mengenai proses alih fungsi bangunan pada era pasca kolonial yang ditentukan oleh keberlanjutan perspektif kolonial di dalam konteks politis, historis, sosial, dan ekonomis yang selalu berubah. Penelitian yang ia lakukan juga hendak menunjukkan bahwa rakyat, yang selalu terpinggirkan, baik pada periode kolonial maupun pascakolonial, masih memiliki ruang untuk “memetik manfaat” dari ketidakpastian, kerentanan, dan ketiadaan pilihan sebagai akibat dari alih fungsi tersebut, meskipun ruang gerak itu sangat terbatas dan barangkali kian menyempit seturut berjalannya waktu.

Sdr. Ade menggunakan metode sejarah untuk menemukan makna, representasi, dan kritisi di balik kejadian-kejadian penting berdirinya PG Colomadu hingga dialih fungsikan dan aktor-aktor yang terlibat di dalamnya. Kemudian untuk mengetahui respon kehidupan sehari-hari terkait alih fungsi PG Colomadu digunakan metode etnografi.

Sebagai hasil akhir, Sdr. Ade menyimpulkan bahwa praktik pemanfaatan ruang poskolonial yang terjadi saat ini merupakan keberlanjutan dari praktik yang berlangsung sejak masa kolonial, dengan melibatkan konteks politik, historis, sosial, dan ekonomi, meskipun memiliki pola dan strategi yang berbeda, tergantung pada relasi kekuasaan antara para aktor di masanya. Masyarakat pada penelitiannya berada pada posisi yang selalu terpinggirkan baik pada periode kolonial maupun pascakolonial, masih memiliki cara untuk “memetik manfaat” dari kerentanan, dan ketiadaan pilihan sebagai akibat komodifikasi ruang poskolonial.

Ade Ariyani Sari Fajarwati dinyatakan lulus dengan yudisium kelulusan “Cumlaude”. Serta menjadi doktor ke-391 di FIB UI dan doktor ke-4 Program Studi Ilmu Filsafat FIB UI yang lulus di tahun 2022.

Related Posts