FIB UI Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2022

Pemilihan mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesi (Pilmapres) Tahun 2022 berlangsung secara daring melalui Zoom dan YouTube FIB UI pada Selasa, 26 April 2022 s.d. Rabu, 27 April 2022. Pilmapres merupakan kegiatan yang digelar tahunan untuk mencari mahasiswa berprestasi utama yang akan mewakili fakultas dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Indonesia. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi di tahun 2022 adalah 13 orang yang merupakan perwakilan dari program studi yang berbeda di FIB UI. Pada sesi pembukaan Pilmapres, para peserta juga memperkenalkan dirinya melalui video profil pendek.

Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum. menyampaikan pada sambutannya bahwa kompetisi mahasiswa berprestasi ini menekankan pada kompetisi yang sehat. Ajang ini merupakan ajang pembentukan diri secara intelektual maupun kematangan secara personal dan juga ajang untuk memperluas wawasan dan jaringan networking. “Dengan demikian kita mendapatkan mahasiswa yang betul-betul memiliki kemampuan untuk terus memperbaiki diri. Orang yang hebat tanpa kemampuan memperbaiki diri tentu tidak akan hebat selamanya, orang
yang biasa saja tetapi selalu memiliki kemauan untuk maju, akan memiliki peranan besar di masyarakat. Itulah yang menjadi kunci dan akan mengangkat prestasi FIB UI,” tuturnya.

Sesi penjurian presentasi gagasan kreatif dalam Bahasa Indonesia dilaksanakan di hari pertama setelah pembukaan, dan disiarkan melalui kanal YouTube FIB UI. Juri sesi ini adalah Dr. Hendra Kaprisma dan Bapak Nazarudin, S.Hum., M.A. Pada hari kedua dilakukan penjurian Bahasa Inggris melalui presentasi makalah dalam Bahasa Inggris dan wawancara prestasi. Untuk sesi presentasi Bahasa Inggris dewan juri adalah Bapak
Andhika Wijaya, M.TransInterp. dan Ibu Yasmine Anabel Panjaitan, M.Hum., Sementara itu, dewan juri sesi wawancara prestasi adalah Ibu Adi Kristina Wulandari, M.Hum. dan Dr. Alfian Syahmadan Siagian, S.S., M.Hum.
Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni yang juga merupakan ketua Dewan juri, Dr. Alfian Syahmadan Siagian, S.S., M.Hum. mengumumkan para pemenang pada Rabu sore (27/4).

Kategori juara antara lain makalah terbaik, Bahasa Inggris terbaik dan prestasi terbaik serta pengumuman juara harapan 1, 2 dan 3 diikuti dengan pengumuman juara 1, 2 dan 3. Kategori penghargaan gagasan kreatif terbaik diperoleh Ahsya Devinka dari Program Studi Belanda. Untuk Bahasa Inggris terbaik diraih oleh Jaysen Ekajuve Thiadi dari Program Studi Inggris, dan prestasi terbaik diperoleh Raihan Ronny Wazier dari Program Studi Arab.
Juara harapan 3 dimenangkan oleh Catharina Chrisidaputri dari Program Studi Jepang, Juara Harapan 2 dimenangkan oleh Jaysen Ekajuve Thiadi dari Program Studi Inggris, dan Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Protasius Donatian P. B. I dari Program Studi Prancis.
Menempati posisi 3 terbaik, Audreylia Lesmana dari Program Studi Rusia sebagai Juara 3, dan Ahsya Devinka dari Program Studi Belanda sebagai Juara 2. Mahasiswa Berprestasi Utama FIB UI tahun 2021 adalah Raihan Ronny Wazier dari Program Studi Arab. Pimpinan dan keluarga besar FIB UI mengucapkan selamat kepada seluruh Mahasiswa Berprestasi FIB UI tahun 2022, khususnya kepada Raihan Ronny Wazier yang akan mewakili
FIB UI berkompetisi di tingkat Pilmapres Universitas Indonesia.

Related Posts