FIB UI Selenggarakan Prawisuda Semester Gasal 2023/2024 dalam Nuansa Nusa Tenggara Barat

Pada Kamis, 22 Februari 2024, gemuruh kegembiraan dan kebanggaan memenuhi Auditorium Gedung IX Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) saat acara Prawisuda digelar. Acara ini merupakan pelepasan bagi 358 lulusan semester gasal tahun akademik 2023/2024 FIB UI yang telah menyelesaikan perjalanan akademik mereka dengan gemilang.  Tema Nusa Tenggara Barat diangkat dalam penyelenggaraan Prawisuda ini. Acara ini dibuka dengan penuh semangat oleh lagu Gaudeamus Igitur yang dinyanyikan oleh SASINA FIB UI saat barisan Dekan dan jajaran dekanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Fakultas, Ketua dan Sekretaris Dewan Guru Besar Fakultas, dan para Ketua Program Studi Sarjana dan Pascasarjana memasuki aula.

Dekan FIB UI membuka acara dengan sambutan hangat, mengisyaratkan pentingnya kesuksesan dan dedikasi para lulusan dalam mencapai prestasi akademik mereka. Sebagai bagian dari tradisi, pengerukan “tumpeng” dengan sajian masakan ala Lombok dilakukan oleh Dekan FIB UI, didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Ketua DGBF FIB UI dan Ketua SAF FIB UI. Keistimewaan pengerukan tumpeng ini semakin terasa dengan kehadiran para perwakilan wisudawan terbaik FIB UI dari jenjang sarjana dan pascasarjana.

Gusti Agung Ayu Tehilla Putri Cahyadi dari Bahasa dan Kebudayaan Korea meraih gelar wisudawan S1 terbaik dengan IPK mencapai 3.97, sedangkan Fajar Yudha Sentana dari Ilmu Filsafat dan Ahmad Sirrulhaq dari Ilmu Linguistik masing-masing meraih gelar wisudawan terbaik S2 dan S3 dengan prestasi luar biasa (IPK 3, 94 dan 3,97). Gusti Agung Ayu Tehilla Putri Cahyadi mewakili rekan-rekan wisudawan program sarjana memberikan kesan pesan.  Momen istimewa terjadi saat Ahmad Sirrulhaq, yang merupakan perwakilan wisudawan terbaik S3, dijemput untuk naik ke atas panggung dengan penampilan Tari Peresean dari Lombok oleh SASAMBO UI (Ikatan Mahasiswa Lombok UI) yang mempesona, mengingatkan kita akan keberagaman budaya Indonesia. Ahmad Sirrulhaq yang merupakan peraih gelar Summa Cum Laude pertama untuk program Doktor FIB UI di tahun 2024, menyampaikan pesan kesan mewakili rekan-rekan wisudawan pascasarjana.

Acara semakin meriah dengan penampilan dari Fuzzy Lads FIB UI, band bergenre alternative beranggotakan 6 mahasiswa FIB UI yang memberikan hiburan yang menyenangkan bagi semua hadirin. Selain itu SASAMBO mempersembahkan lagu daerah berjudul Nangi Dana Tambora yang menceritakan tentang keindahan Gunung Tambora.

Puncak dari acara ini adalah saat pemberian ucapan selamat oleh Dekan FIB UI, menandai selesainya perjalanan akademik para lulusan. Tidak lupa, seluruh wisudawan dan pimpinan fakultas berfoto bersama yang diakhiri dengan melempar topi toga ke udara sebagai simbol keberhasilan dan perayaan akhir dari mahasiswa di FIB UI.

Prawisuda FIB UI Semester Gasal 2023/2024 tidak hanya sekadar sebuah acara formal, tetapi juga sebuah momen sakral dan inspiratif bagi para lulusan serta seluruh sivitasa akademika. Melalui perayaan ini, kita merayakan prestasi para wisudawan dan memberikan semangat untuk melangkah maju dalam perjalanan hidup yang baru. Selamat kepada para lulusan terbaik FIB UI, semoga kesuksesan selalu menyertai langkah-langkah selanjutnya.

Related Posts