Kelulusan 347 Wisudawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia pada Wisuda Tatap Muka Semester Gasal TA 2022/2023 di Balairung Universitas Indonesia

Pada Jumat dan Sabtu (10-11/03) lalu, Universitas Indonesia mengadakan Wisuda Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023 secara tatap muka di Gedung Balairung, Universitas Indonesia. Prosesi Wisuda Semester Gasal TA 2022/2023 dipimpin oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. Kegiatan wisuda di balairung juga turut dihadiri oleh Dr. H. Bambang Seoesatyo, S.E., M.B.A., selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Dr. H. Adhyaksa Dault, S.H., M.Si., selaku Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2009), dan Bapak Ivan Yustivandana selaku Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Pada kegiatan Wisuda Semester Gasal TA 2022/2023 diikuti oleh 347 wisudawan dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dengan 301 wisudawan dari program Sarjana, 44 wisudawan dari program Magister, dan 2 wisudawan dari program Doktor. Secara keseluruhan dari semua jenjang, sebanyak 189 wisudawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia lulus dengan predikat Cum Laude. Bahkan pada wisuda kali ini, terdapat wisudawan FIB UI yang meraih predikat Summa Cumlaude, yaitu Saudari Binar Candra Auni dari program studi magister Ilmu Linguistik dengan IPK 3.96. Maka lima wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dari jenjang Doktor, Magister, dan Sarjana, antara lain:

  1. Binar Candra Auni, IPK 3.96, Program Studi Magister Ilmu Linguistik
  2. Naufal Anggito Yudhistira, IPK 3.93, Program Studi Magister Ilmu Susastra
  3. Amurwani Dwi Lestariningsih, IPK 3.91, Program Studi Doktor Ilmu Sejarah
  4. Latifah Latif, 3.96, Program Studi Sarjana Sastra Rusia
  5. Randy Rizky Ramadhan, IPK 3. 90, Program Studi Sarjana Sastra Jepang

Prawisuda

Sebelumnya, pada Kamis (09/03) lalu, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengadakan kegiatan prawisuda di Auditorium Gedung IX FIB UI. Kegiatan prawisuda merupakan pengganti kegiatan Gladi Bersih wisuda yang pada tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan secara luring di Balairung. Kegiatan prawisuda FIB UI dihadiri sekaligus dipimpin oleh Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum. Acara Prawisuda juga turut dihadiri oleh Dr. Untung Yuwono selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Agus Aris Munandar, M.Hum., selaku Ketua Dewan Guru Besar FIB UI, Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana selaku Ketua Senat Akademik FIB UI, beserta para manajer fakultas, ketua departemen, dan ketua program studi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Pada kegiatan prawisuda, mengawali acara dibacakan doa oleh Dr. Amurwani Dwi Lestariningsih, wisudawan terbaik program Doktor. Pada acara ini, Dekan FIB UI Dr. Bondan Kanumoyoso dalam pidatonya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, sekaligus menyampaikan rasa bangga atas kelulusan para wisudawan tersebut dan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh FIB UI berkat kerja keras para wisudawan, seperti FIB UI menjadi fakultas dengan kunjungan mahasiswa terbanyak di Perpustakaan Universitas Indonesia pada tahun 2022. Penyampaian prestasi-prestasi tersebut disambut meriah oleh para wisudawan FIB UI.

Pada kegiatan prawisuda juga, terdapat upacara pelepasan wisudawan yang disimbolisasikan dari pengerukan tumpeng untuk para wisudawan yang diwakili oleh lima wisudawan terbaik dari jenjang pascasarjana dan sarjana FIB UI, yaitu Sdr. Binar Candra Auni, Sdr. Naufal Anggito Yudhistira, Sdr. Amurwani Dwi Lestariningsih, Sdr. Latifah Latif, dan Sdr. Randy Rizky Ramadhan. Pada kesempatan ini juga, Sdr. Binar Candra Auni, dari program magister program studi Ilmu Linguistik sebagai wisudawan terbaik program Pascasarjana menyampaikan pidatonya untuk mewakili ucapan terima kasih dari para wisudawan program Pascasarjana FIB UI. Setelahnya, Sdr. Randy Rizky Ramadhan sebagai salah satu wisudawan terbaik program Sarjana dari program studi Jepang dengan peraih IPK 3.90, menyampaikan pidatonya sebagai perwakilan terima kasih dari para wisudawan program Sarjana FIB UI. Randy pada kegiatan pra wisuda tersebut mendapatkan kejutan berupa kedatangan ibundanya tanpa diketahui oleh yang bersangkutan. Ibu Juniarti Rauf Saleh yang merupakan Ibunda dari Randy menyampaikan sambutannya untuk mewakili rasa terima kasih dari seluruh orang tua wisudawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Dalam acara prawisuda tersebut, Dr. Bondan Kanumoyoso juga memberikan ucapan selamat secara langsung kepada seluruh wisudawan yang dibagi berdasarkan jenjang pendidikan dan program studinya. Pada kesempatan itu, para wisudawan juga akan berfoto bersama berdasarkan tiap jenjang pendidikan dan program studinya bersama dengan Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S, M.Hum., Dr. Untung Yuwono, Prof. Dr. Agus Aris Munandar, Prof. Dr. R. Cecep Eka Permana, dan para ketua departemen dan ketua program studi masing-masing. Acara ini juga dimeriahkan penampilan SASINA (Komunitas Paduan Suara dan Vokal Mahasiswa Prodi Indonesia) dan penampilan Mikhael Rainino Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Perpustakaan. Terakhir, kegiatan prawisuda ditutup dengan foto bersama seluruh wisudawan dan para pimpinan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Selamat untuk para wisudawan FIB UI!

Related Posts