FIB UI Raih Peringkat 4 The Most Sustainable Faculty dalam UI GreenMetric 2022

Pada tahun 2022, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) berhasil meraih gelar Juara Keempat Fakultas Berkelanjutan pada UI GreenMetric 2022 tingkat Universitas Indonesia.

Penganugerahan penghargaan dilaksanakan pada Senin, 12 Desember 22 di Balai Sidang Universitas Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng.; Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A.; Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., dan Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M.  selaku Kepala UI GreenMetric.

Penilaian UI GreenMetric ini dilandasi atas tiga pilar, yaitu Lingkungan hidup, Ekonomi, dan Sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

FIB UI terus berupaya meningkatkan berbagai infrastruktur kampus, meningkatkan kualitas pengelolaan sampah, pengelolaan air, transportasi, dan aspek pendidikan dan riset terkait sustainability, juga peningkatan kesadaran dan perilaku menjaga lingkungan yang merupakan bagian dari indikator penilaian UI GreenMetric 2022. Salah satu yang terbaru adalah dengan pembuatan solar power plan yang diinisiasi sebagai Langkah nyata FIB UI dalam penghematan energi listrik dan pengurangan emisi karbon. Komitmen ini membuahkan hasil berupa penghargaan yang diterima FIB UI sebagai fakultas yang selalu meraih peringkat lima besar fakultas berkelanjutan (the most sustainable faculty) di Universitas Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2019 dan 2020 FIB UI meraih peringkat ke-3, di tahun 2021 meraih peringkat ke-2, dan di tahun 2022 meraih peringkat ke-4.

Sejalan dengan pidato Rektor pada acara penganugerahan UI GreenMetric 2022, FIB UI mendukung proses belajar-mengajar yang sudah berjalan ekstensif dengan memanfaatkan berbagai infrastruktur kampus. Dengan demikian, transformasi kampus dengan titik berat pada proses penyesuaian kebiasaan baru perlu dilakukan agar lingkungan kampus lebih bersih, sehat dan lestari. (CA)

Related Posts