Penutupan Program Pengmas “Cerita dari Lapas BEM FIB UI” di LPKA Kelas II Jakarta

Pada hari Senin, 29 November 2021, bertempat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta, Jl. Raya Gandul No.6, Cinere, telah berlangsung penutupan program pengabdian kepada masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia ( BEM FIB UI), dengan nama program Cerita dari Lapas/Cerdas. Penutupan program ditandai dengan penyerahan cenderamata dan piagam penghargaan oleh Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni FIB UI, Reynaldo de Archellie, M.Si. kepada Kepala Satuan Kerja Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta, Medi Oktafiansyah, S.Pi., M.Si.

Cerita dari Lapas/Cerdas merupakan salah satu program kerja BEM FIB UI di bidang pengabdian kepada masyarakat. Cerita dari Lapas 2021 berfokus pada program pengajaran, usaha untuk meningkatkan motivasi belajar, dan program keterampilan kepada warga binaan dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan dan memberikan modal untuk warga binaan ketika keluar dari lembaga pemasyarakatan nanti. Desain program ini dimaksudkan agar sejalan dengan tujuan pembangunan Sustainable Development Goals, khususnya butir keempat tentang Pendidikan Bermutu (Quality Education) dan butir kesepuluh tentang Mengurangi Ketimpangan (Reduced Inequalities).

Program ini fokus pada bidang pendidikan dan keterampilan dengan cara memberikan pelatihan kepada warga binaan LPKA Kelas II Jakarta dalam bidang literasi membaca dan menulis, literasi numerik, literasi sains, literasi media digital, peningkatan kreativitas keterampilan menulis dan melukis, dan peningkatan keterampilan berbahasa Inggris. Untuk memenuhi capaian tersebut, program ini dijalankan selama kurang lebih tiga bulan, antara 11 September sampai dengan 27 November 2021. Program dijalankan secara luring dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, mengikuti ketentuan yang telah disiapkan oleh pengelola LPKA Kelas II Jakarta.

Program ini merupakan kelanjutan dari rintisan program Cerdas yang telah dijalankan sejak tahun 2015 oleh BEM FIB UI, yang pada saat ini bermitra dengan Lapas Paledang, Bogor. Seiring berjalannya waktu, BEM FIB UI merasa perlu untuk menjangkau warga binaan lapas anak di wilayah Jakarta dan diterima oleh LPKA Kelas II Jakarta. Harapannya, pada tahun 2022, Cerdas dapat dilakukan dalam dua kali paket kegiatan selama satu tahun agar warga binaan LKPA Kelas II Jakarta mendapatkan dampak yang lebih bermanfaat.

Related Posts