Pertukaran Mahasiswa Asia University Jepang ke FIB UI Tahun Ajaran 2019/2020

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) kembali menjadi tuan rumah untuk yang ketiga kalinya bagi para peserta program pertukaran mahasiswa dari Asia University, Jepang dari Faculty of Urban Innovation. Program ini dilaksanakan selama 1 semester mulai dari bulan September 2019 sampai Januari 2020. Melalui program ini, para mahasiswa belajar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara intensif, juga kebudayaan dan masyarakat Indonesia. Secara khusus, para mahasiswa mengunjungi tempat yang merepresentasikan budaya Indonesia dan juga mengikuti program magang di lokasi binaan dari tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mitra FIB UI dan kawasan industri. Pada 28 Januari 2020, sebanyak 22 mahasiswa berhasil menyelesaikan masa belajarnya di FIB UI dengan mempresentasikan pengalaman magang mereka di hadapan Ibu Sisilia S. Halimi, Ph.D. sebagai Manajer Kerja Sama dan Ventura FIB UI, Prof. Kenichiro Arai dari Asia University, para dosen, dan para perwakilan mitra LSM dan industri.

Selama masa belajarnya, para mahasiswa juga mengadakan kunjungan kebudayaan ke Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor pada 21 Oktober 2019. Di sana, aktivitas yang dilakukan antara lain menyaksikan pertunjukkan silat, tari Jaipong, dan angklung. Sesi interaktif latihan angklung juga dilakukan. Selain itu, para mahasiswa disuguhi dengan kudapan tradisional khas Sunda. Para peserta kemudian mengikuti 2 macam pelatihan membuat kerajinan yakni membuat wayang dari daun dan membuat sandal hotel. Para mahasiswa juga berpartisipasi dalam permainan tradisional seperti egrang dan sumpit. Pada akhirnya, mereka turun ke sawah untuk mengikuti nandur mitumbian, kegiatan menanam padi yang diiringi angklung sebagai ritual lokal.

Kegiatan magang mahasiswa berlangsung pada bulan Desember- Januari. Pada periode 16—20 Desember, para mahasiswa berkesempatan untuk bekerjasama dengan tiga LSM, yaitu Ciliwung Merdeka yang mengadakan program-program pemberdayaan masyarakat di bantaran Kali Ciliwung, Computer For Change yang bergerak di bidang pengentasan buta teknologi , dan Roshan Learning Center yang merupakan tempat belajar bagi anak-anak dan remaja pengungsi yang tinggal di Jakarta. Dengan fokus yang berbeda-beda, mahasiswa Asia University dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan magang di masyarakat, khususnya di Kampung Papanggo di Jakarta Utara, Teluk Gong, Rusunawa Marunda, Kampung Sumur, dan Roshan Learning Center Jakarta Selatan sebagai sekolah untuk anak-anak pengungsi. Melalui pengalaman tersebut, para mahasiswa dapat melihat langsung kehidupan masyarakat di Jakarta yang masih membutuhkan pendampingan dan bantuan dari segi kelayakan hidup, pendidikan, dan teknologi. Mahasiswa juga memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan mengajarkan bahasa, masyarakat, budaya, dan teknologi Jepang.

Para mahasiswa juga mengikuti kegiatan magang industri di kawasan industri MM2100 Karawang. Di minggu pertama, para mahasiswa membimbing para siswa SMK dalam program Japanese Week yang diselenggarakan di SMK Mitra Industri, SMK Ananda Mitra Industri, dan SMK Putra Dharma. Selama proses magang ini, mahasiswa mengeksplorasi kawasan Industri MM2010. Kegiatan magang utama dilakukan di Hotel Enso. Selama satu minggu, para mahasiswa dibekali keterampilan hospitality, cleaning dan bed making, juga latte art di restoran. Mahasiswa juga mengunjungi PT Fukushuke Kogyo yang merupakan pabrik plastik kemasan produk dan mendapatkan kuliah dari para direktur perusahaan tersebut. Selain itu, dua mahasiswa mendapatkan kesempatan magang tambahan di Tokyo Construction dan Jabato International yang bergerak di bidang pariwisata.

Seluruh rangkaian kegiatan pertukaran mahasiswa berakhir dengan presentasi para mahasiswa yang diikuti dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa, para dosen, dan para mitra dari LSM Computer for Change dan Ciliwung Merdeka juga perwakilan industri yang disampaikan oleh Direktur PT Jabato Internasional.

Related Posts