Melalui Hari Kebersamaan 2019, FIB UI Sosialisasikan 9 Nilai UI

Sebagai awal dari rangkaian Dies Natalis Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang ke-79 di tahun 2019, dilaksanakan kegiatan ‘Hari Kebersamaan 2019’ yang diikuti oleh 155 tenaga kependidikan di FIB UI. Di Bogor, kegiatan tahunan ini dilaksanakan mulai dari 16 – 18 Juli 2019, dengan harapan memberikan semangat untuk pelayanan yang lebih prima di lingkungan FIB UI.

Tahun ini, kegiatan hari kebersamaan terasa lebih semarak karena dipenuhi semangat sosialisasi 9 Nilai UI. Sembilan nilai UI ini muncul sebagai seperangkat nilai budaya yang dapat menjadi acuan bagi semua Warga UI (dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan Majelis Wali Amanat) dalam bersikap dan berperilaku di lingkungan UI. Nilai-nilai ini telah tercantum dam ditetapkan dalam pasal 2, Peraturan Majelis Wali Amanat UI nomor 004 tahun 2015 tentang Anggaran Rumah Tangga Universitas Indonesia. Adapun kesembilan nilai budaya UI adalah: Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan Akademik, dan Kepatuhan kepada Aturan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kunjungan ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Di Museum Kepresidenan, para tenaga kependidikan dipandu untuk melihat ruangan-ruangan pameran yang menampilkan kekhasan dari masa kepemimpinan presiden RI dari masa ke masa. Diharapkan para peserta dapat meresapi nilai-nilai perjuangan para Presiden RI untuk dapat memperkukuh karakter dan jati diri sebagai warga negara.

Aktivitas hari kebersamaan selanjutnya berpusat di Green Forest Resort Bogor. Di hari pertama pula, dilakukan Sosialisasi 9 Nilai UI oleh dua change agents FIB UI, yaitu Bapak Manneke Budiman, Ph.D. selaku Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, dan Bapak Reynaldo de Archellie, M.Si., selaku Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni. Kegiatan sosialisasi ini dimeriahkan oleh empat orang change leaders yang memimpin peragaan Gerakan 9 Nilai UI. Gerakan-gerakan ini kemudian dihafalkan oleh para peserta yang telah dibagi menjadi lima kelompok, untuk dilombakan.

Acara pembukaan dilakukan pada malam hari, dengan Dekan FIB UI, Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A. memberikan sambutan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan peserta yang telah mengikuti sosialisasi 9 Nilai UI. Peserta semakin antusias dengan berbagai perlombaan yang merupakan implementasi dari 9 Nilai UI. Limpahan door prize juga dibagikan di hari pertama.

Hari kedua pelaksanaan hari kebersamaan dipenuhi antusiasme rafting. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mengarungi arus sungai. Sepanjang rute rafting, para peserta tampak sangat antusias dan kompak untuk mendayung. Aktivitas ini selain menyenangkan, juga merupakan implementasi 9 Nilai UI, utamanya kebersamaan, tanggung jawab dan kepatuhan pada aturan. Setelah rafting, para peserta diberikan kesempatan untuk berkumpul dengan anggota kelompok mereka untuk mempersiapkan yel-yel kelompok dan satu pementasan yang menjunjung 9 Nilai UI. Kelompok yang ada dinamakan kejujuran, keadilan, kebersamaan, tanggung jawab, dan Keterbukaan. Malam harinya, setiap tim pentas dengan membawakan tema sesuai nama kelompoknya.  Secara umum, kelompok mementaskan mini drama. Pementasan ini dilombakan dengan tim Dekanat FIB UI bertindak sebagai juri. Tiga kelompok menjadi juara utama dalam perlombaan ini, dan satu kelompok menjadi juara favorit yang mendapatkan bingkisan langsung dari Dekan FIB UI.

Tidak hanya lomba kelompok, peserta Hari Kebersamaan 2019 juga mengikuti lomba selfie dan wefie yang mengusung 9 Nilai UI yang berlangsung selama dua hari pelaksanaan kegiatan.  Berbagai foto kreatif dikirimkan kepada panitia, dan akhirnya menghasilkan 3 juara untuk masing-masing kategori. Acara di malam puncak Hari Kebersamaan FIB UI dimeriahkan dengan orgen tunggal yang menyanyikan berbagai lagu yang membuat peserta berjoget bersama.

Keceriaan di acara Hari Kebersamaan FIB UI 2019 tidak surut di hari terakhir, sebab para peserta mengikuti wisata budaya dengan mengunjungi Sanggar Andika di Kelurahan Cipaku Bogor yang sudah memenangkan berbagai kejuaraan tari tradisional di tingkat nasional dan juga sudah pentas di acara berskala internasional. Peserta dari FIB UI disambut oleh gemulai tari topeng koncaran. Turut hadir menyambut adalah Ketua Dewan Kesenian Kota Bogor, Lurah Cipaku, dan Camat Bogor Selatan. Tari-tarian lain yang dipentaskan adalah tari Jaipong Senggot dan Tari Citra Resmi. Suasana semakin meriah kala rombongan FIB disuguhi aksi segar dan lucu dari dalang cilik Andika. Kunjungan ke sanggar seni ini merupakan upaya FIB dalam mengapresiasi seni dan melestarikan seni itu sendiri.  Acara dilanjutkan dengan wisata ke SKI Tajur, di mana peserta membeli beragam cenderamata.

Hari Kebersamaan 2019 telah berhasil menanamkan 9 Nilai UI untuk para tenaga kependidikan di FIB UI. Selama tiga hari pelaksanaan acara, para peserta mengamalkan 9 Nilai UI melalui berbagai aktivitas. Acara Hari Kebersamaan FIB UI 2019 selesai dengan kembalinya para peserta di Kampus FIB tercinta.

Related Posts