Pemetaan Keanekaragaman Jenis Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan FIB UI Melalui Pengamatan Lapangan dan Pendataan Flora dan Fauna

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) telah melaksanakan pemetaan keanekaragaman jenis hewan dan tumbuhan di lingkungan FIB UI. Proses kegiatan telah berlansug dari bulan Maret 2018 dengan pelaksanaan pengambilan data pada periode 7 – 9 Mei 2018 dengan Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan (OMPT) Canopy dan Kelompok Studi Hidupan Liar (KSHL) Comata sebagai pengambil data. Anggota OMPT Canopy dan KSHL Comata merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Identifikasi dan pengamatan flora fauna di lingkungan FIB UI dilakukan untuk memberikan informasi bahwa potensi alam di FIB UI sangat beragam baik flora maupun fauna. Hal inilah yang mendorong FIB UI melalui Unit Pelayanan K3L untuk mengundang mahasiswa sesuai dengan kepakarannya untuk melakukan kegiatan pengamatan dan mengidentifikasi flora fauna di FIB UI. Hasil pengamatan juga telah disampaikan pada kegiatan PSAF tahun 2018 di Auditorium Gd IX.

Pengamatan dilakukan pada pagi, siang dan malam hari oleh KSHL Comata dan pengamatan pada sore hari dilakukan oleh OMPT Canopy untuk memaksimalkan pengambilan sampel dari tiap organisme. Pengamatan hewan di setiap area dilakukan dengan metode Visual Encounter Survey (VES). Metode ini bertujuan untuk mengeksplorasi area pengamatan secara keseluruhan dalam rentang waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa taksa hewan seperti reptil, amfibi dan serangga ditangkap menggunakan peralatan khusus. Penangkapan ini perlu dilakukan untuk memudahkan proses identifikasi hewan tersebut. Selain penangkapan, lokasi ditemukannya hewan tersebut ditandai pada perangkat GPS untuk mendapatkan koordinatnya, sehingga pemetaan yang dilakukan lebih akurat. Setelah diidentifikasi, hewan yang telah ditangkap kembali dilepaskan ke habitat aslinya.

Sementara itu, identifikasi hewan dan tumbuhan dilakukan dengan teknik yang berbeda. Identifikasi hewan dilakukan dengan dua cara, yaitu pengamatan langsung dan dilakukan penangkapan pada hewan dengan tidak menyiksa hewan tersebut, kemudian dibawa ke tempat yang aman untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut mengenai karakteristik yang dimiliki oleh hewan yang ditemukan dengan yang ada di buku identifikasi. Identifikasi tumbuhan dilakukan di Laboratorium Taksonomi Tumbuhan Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Hasil pengamatan diidentifikasi menggunakan buku identifikasi Flora Universitas Indonesia berdasarkan foto dan pertelaan yang telah dicatat saat pengamatan berlangsung oleh OMPT Canopy. Flora yang telah diidentifikasi didata kembali dan dirapihkan serta ditambahkan nilai kegunaan dan manfaat dari flora tersebut untuk dilaporkan pada pihak fakultas.

Dari hasil pengamatan dan identifikasi, berhasil dipetakan 27 spesies hewan dan kurang lebih 49 spesies tumbuhan. Daftar spesies dapat dilihat di tautan berikut:

Related Posts