FIB Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan Apel Siaga dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana

Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2019, Universitas Indonesia  melalui Nota Dinas Rektor Nomor: ND-525/UN2.R/OTL.09/2019 menghimbau kepada Civitas Akademika Universitas Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana melalui Simulasi Bencana Serentak di lingkungan Universitas Indonesia.

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) melalui Unit Pelayanan K3L juga melaksanakan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tersebut dengan tema “Apel Siaga dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana” pada Hari Jumat 26 April 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di area belakang Gedung IV dan samping Gedung X FIB UI.

Kegiatan “Apel Siaga dan Simulasi Tanggap Darurat Bencana” diikuti oleh 69 orang yang terdiri atas Tim Tanggap Darurat FIB UI, Para Penanggung Jawab Gedung, Staf Unit Pelayanan K3L, Perwakilan Unsur Mahasiswa, Perwakilan LBI, Perwakilan Pengemudi, dan Perwakilan dari Cleaning Service. Apel tersebut dibuka oleh Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni FIB UI, Bapak Reynaldo de Archellie, M.Si. selaku perwakilan dari Dekanat/Pimpinan. Acara Simulasi yang dilakukan adalah pemadaman api dengan media Karung Basah, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan terakhir menggunakan Air melalui selang hidran. Dipimpin oleh Kepala Unit K3L, Bapak Yatin Nuryanto, tahapan simulasi tanggap darurat bencana dapat dilaksanakan dengan lancar. Peserta mampu melaksanakan simulasi sesuai dengan pelatihan yang sudah beberapa kali diikuti oleh Tim Tanggap Darurat FIB UI.

Unit Pelayanan K3L FIB UI telah melakukan kegiatan simulasi serupa di Gedung I dan II berupa Role Play, simulasi di Gedung III, dan simulasi Table Top di Auditorium Gedung I.

 

Related Posts