Dies Natalis FIB UI ke-76 “Berbagi Pengetahuan untuk Masa Depan”

banner-web-dies-natalis-fib-76

Dies Natalis FIB UI ke 76 kali ini mengambil tema ìBerbagi Pengetahuan untuk Masa Depanî. Pengetahuan adalah segala macam fakta, data, informasi dan ilmu yang dimiliki oleh seseorang dan masih tersimpan dalam setiap kepala orang-orang tersebut. Pengetahuan akan semakin bermanfaat bagi banyak orang ketika pengetahuan tersebut dibagikan kepada orang lain melalui berbagai media, dan ketika pengetahuan-pengetahuan ini telah tersimpan ke dalam sebuah media yang tangible (terlihat dan bisa dirasakan) maka dia akan menjadi informasi bagi orang lain.
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) sebagai sebuah entitas lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai penyebar Ilmu Pengetahuan Budaya merupakan salah satu fakultas yang memiliki keragaman departemen dan program studi di dalamnya. Berbagai macam ragam ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari di FIB UI tentunya menyimpan pula berbagai khazanah pengetahuan yang kaya, yang tersimpan di kepala setiap civitasakademika.
Dalam menjalankan fungsi Tri Dharma perguruan tinggi, tentunya semua pengetahuan yang tersimpan ini harus dibagikan dan dikelola agar manfaatnya bisa dirasakan oleh semua civitasakademika FIB UI. Semangat berbagi pengetahuan di antara civitasakademika ini diharapkan bisa diterapkan oleh civitasakademika FIB UI, dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk tulisan ilmiah, penerbitan jurnal, seminar, lokakarya, pertunjukan sastra dan seni atau bahkan dalam bentuk pembacaan syair-syair puisi. Dies Natalis FIB UI ke 76 diharapkan bisa semakin membangkitkan semangat seluruh civitas akademika FIB UI untuk berbagi pengetahuan agar pengetahuan-pengetahuan tersebut bisa tetap hidup bagi generasi yang akan datang.
Selain mengangkat pengetahuan-pengetahuan yang ada pada civitas akademika FIB UI, Dies Natalis FIB UI ke 76 juga akan mengangkat mengenai sistem pengetahuan yang sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia yaitu Indigenous Knowledge atau Pengetahuan Lokal. Pengetahuan yang canggih tidak hanya terbatas pada sains,peradaban dari seluruh dunia telah mengembangkan seperangkat pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan tempat mereka tinggal yang sering disebut sebagai pengetahuan ekologi tradisional atau pengetahuan adat atau lokal (Nakashima, Prott, dan Bridgewater, 2000).
Keragaman budaya Indonesia yang sangat kaya bisa diartikan pula memiliki Pengetahuan Lokal yang sangat kaya pula. Salah satu keragaman budaya terkait dengan Indigenous Knowledge yang akan diangkat terkait dengan kekayaan pengetahuan lokal dari pulau Kalimantan, salah satuny dari teknologi rumah panggung. Dies Natalis FIB UI ke 76 ini juga akan menghadirkan berbagai ekshibisi terkait dengan Pengetahuan Lokal yang ada di Indonesia dari masa ke masa.

Related Posts