Dies Natalis Ke-74 FIB UI

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) merupakan satu dari lima belas fakultas di Universitas Indonesia. Didirikan pada tanggal 4 Desember 1940 dengan nama Fakulteit der Letteren en Wijsbegeerte, FIB UI adalah fakultas tertua di UI setelah Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum. FIB UI telah mengalami tiga kali penggantian nama menjadi Fakultet Sastra dan Filsafat, Fakultas Sastra, dan sejak tahun 2002 menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Perubahan nama tersebut mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan budaya (humaniora) yang dijabarkan ke dalam program-program studi di FIB UI, yaitu 7 departemen (Arkeologi, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Sejarah, Ilmu Susastra, Linguistik, dan Kewilayahan) yang membawahi 15 Program Studi S1 (Arkeologi, Bahasa dan Budaya Korea, Belanda, Cina, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, Rusia, Sejarah, Arab, dan Jawa), 7 Program Magister, dan 5 Program Doktoral.

Keragaman ilmu budaya yang dipelajari dan disosialisasikan secara nyata oleh mahasiswa FIB UI kepada sesama rekan sivitas akademika menjadi inspirasi penyelenggaaan Dies Natalis FIB UI tahun 2014 ini. Semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan dari keanekaragaman budaya, diangkat menjadi tema Dies Natalis FIB UI ke-74, yaitu ‘Kebersamaan Dalam Keragaman Budaya’. Perayaan Dies Natalis ke-74 FIB UI tahun ini dimeriahkan dengan sederet rangkaian kegiatan, di antaranya berbagai Seminar Nasional maupun Internasional, Festival Budaya, Pentas Ketoprak Plesetan, Pameran Benda Memori, Pameran Karya Ilmiah dan Hasil Penelitian, Pameran Foto, Pentas Musik, dan Hari Kebersamaan.

Puncak Perayaan Dies Natalis ke-74 FIB UI dilaksanakan pada Kamis, 4 Desember 2014 di Auditorium Gedung IX, dan diisi dengan berbagai acara, di antaranya adalah Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Untung Yuwono (Kepala Lembaga Kajian Indonesia FIB UI) dengan judul “Sumbangan Kajian Indonesia bagi Produksi Pemikiran tentang Indonesia dalam Lintasan Historis serta Perspektif Masa Depan”. Selain itu, para tamu undangan dihibur pula dengan Pergelaran Gerak dan Lagu berjudul “Immortal Love” komposisi karya Marusya Nainggolan yang terinspirasi dari Puisi Prosa “Calon Arang” karya Prof. Dr. Toeti Heraty Noerhadi-Roosseno (Guru Besar Filsafat FIB UI). Acara perayaan diiisi pula dengan penyerahan berbagai penghargaan, di antaranya penghargaan bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang telah memasuki masa Purnabakti, penghargaan Purnatugas, Mahasiswa Berprestasi, Tenaga Kependidikan Terbaik 2014, Lomba Karya Ilmiah Program Studi, serta penghargaan kepada para Mantan Dekan FIB UI. Menjelang akhir acara, diadakan pula peluncuran buku yang ditulis khusus oleh kolega dan anak didik Prof. Dr. Nurhadi Magetsari (Guru Besar Arkeologi FIB UI), berjudul “Perspektif Arkeologi Masa Kini dalam Konteks Indonesia.” Acara puncak Dies Natalis ke-74 FIB UI ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A.

Related Posts