Lokakarya Persiapan Pengelolaan Jurnal Online “How to prepare an online academic journal? From human resources to digital data”

IMG_9522Wacana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mengadakan acara Lokakarya Persiapan Pengelolaan Jurnal Online dengan tema “How to prepare an online academic journal? From human resources to digital data” pada Selasa, 19 Agustus 2014, di Gedung II FIB UI, R. 2401, Kampus UI Depok. Kegiatan ini melibatkan Dr. Joed Elich (Publishing Director at Brill), Dr. Mohammed Ali Berawi (IJTech FTUI), Dr. Nyoman Suwartha (IJTech FTUI) sebagai narasumber, dan Muhammad Fuad, M.A. (FIB UI) sebagai moderator.

Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIB UI, Manneke Budiman, Ph.D., bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi para pengelola jurnal dan lembaga penelitian FIB UI tentang publikasi online ilmiah yang bermutu internasional.

Wacana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya adalah jurnal ilmiah terakreditasi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Sebagai jurnal fakultas, Wacana ikut berperan kuat dalam meningkatkan peringkat akademis fakultas. Wacana, sesuai visi dan misinya, berkepentingan mengetengahkan hasil bahasan ilmiah, khususnya di bidang humaniora dan ilmu sosial, ke masyarakat ilmiah dunia dalam bentuk online. Oleh karena itu, Wacana memandang perlu mengadakan diskusi/workshop bagi pengelola jurnal, khususnya di lingkungan UI, yang ingin mempersiapkan jurnalnya menjadi jurnal online. Dari kegiatan ini diharapkan para pengelola jurnal siap meluncurkan jurnal ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan, baik tingkat nasional maupun internasional, secara online. Kegiatan diskusi ini ditujukan terutama bagi pengelola jurnal dan pimpinan lembaga penelitian di UI dan di luar itu.

Related Posts