Visi, Misi, Profil dan Kompetensi Lulusan Program Studi Inggris

PROGRAM SARJANA
PROGRAM STUDI INGGRIS
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Menjadi program studi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan penerapan penelitian di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris yang berperspektif lintas- bangsa dan lintas-disiplin;
2. Menghasilkan lulusan yang berwawasan majemuk, mampu berpikir kritis dan kreatif, serta mampu berkompetisi pada tingkat global di bidang pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris;
3. Mengembangkan kerja sama pada tingkat nasional dan internasional di bidang peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pengetahuan tentang kebudayaan dan masyarakat berbahasa Inggris.
PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. Profil Lulusan Sarjana Sastra Inggris

Sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang menguasai dasar-dasar pemikiran ilmiah dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah di bidang budaya dan bahasa negara-negara berbahasa Inggris dari perspektif Indonesia, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan memberikan pelayanan yang terkait dengan bahasa Inggris, serta mampu menerapkan pengetahuan dan wawasan lintas budaya untuk berperan aktif sebagai agen perubahan sosial.

2. Kompetensi Utama

a. Mampu menganalisis permasalahan budaya kontemporer masyarakat berbudaya Inggris dari perspektif Indonesia dan lintas budaya dan menemukan solusinya;
b. Mampu memproduksi wacana tulis dan lisan dalam berbagai ragam sesuai struktur dan kaidah bahasa Inggris yang berterima;
c. Mampu menganalisis fenomena kebahasaan dalam konteks sosial budaya masyarakat berbahasa Inggris (English-speaking society);
d. Mampu menerapkan teori kajian sastra budaya dalam menganalisis karya sastra dan fenomena budaya masyarakat berbahasa Inggris;
e. Mampu menganalisis fenomena budaya, linguistik, dan teks sastra, baik lisan maupun tulis, dalam perspektif linguistik, sastra, dan budaya masyarakat berbahasa Inggris.

3. Kompetensi Pendukung

a. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
b. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian budaya;
c. Mampu menjelaskan corak dan dinamika kebudayaan Indonesia;
d. Mampu menguraikan ragam filsafat dan pemikiran modern;
e. Mampu memaparkan manusia dan masyarakat Indonesia kekinian dan hubungannya dengan bangsa lain dalam konteks global;
f. Mampu mengkaji karya kreatif secara kritis dalam dinamika global;
g. Mampu memprakarsai perubahan sosial dan budaya berdasarkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan yang secara kritis dipelajari dari proses silang budaya Inggris-Indonesia;
h. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar penerjemahan, pembelajaran bahasa, dan penulisan kreatif;
i. Mampu menerapkan kaedah berbahasa Inggris yang baik dan teori penulisan populer dalam menghasilkan karya tulis, seperti tulisan akademik dan puisi, drama dan teater, dan prosa.

4. Kompetensi Lainnya

a. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi;
b. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;
c. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik;
d. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain;
e. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.