id
id

Deskripsi Program Magister (S2) Ilmu Sejarah

PROGRAM MAGISTER ILMU SEJARAH
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Menjadi pusat pendidikan dan penelitian terkemuka di bidang sejarah baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.

MISI
1. Menyiapkan peserta didik menjadi ahli sejarah yang memiliki kemampuan tinggi dalam pemikiran teoritis dan penerapannya;
2. Mengembangkan, dan menciptakan karya di bidang ilmu sejarah serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia;
3. Memberikan kontribusi dan masukan pemikiran kepada lembaga, baik pemerintah maupun nonpemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran sejarah di kalangan masyarakat.

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. Profil Lulusan Magister Ilmu Sejarah
Magister bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang sejarah melalui riset hingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji, serta mampu memecahkan permasalahan sejarah melalui pendekatan baik interdisipliner maupun multidimensional hingga bisa mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

2. Kompetensi Utama
Mampu mengategorikan dan mengembangkan paradigma ilmu pengetahuan, konsep, serta kerangka teoridan metodologi yang penting dan menonjol dalam bidang sejarah di dalam sebuah rancangan penelitian yang fokus, terukur, dan terarah.

3. Kompetensi Pendukung

  1. Mampu menganalisis keberadaan kekuatan-kekuatan politik yang berkembang di seputar peristiwa sejarah dalam kaitan dengan perkembangan kehidupan ekonomi masyarakat terutama manyangkut hubungan-hubungan sosial, peran dan fungsi.
  2. Mampu menganalisis perkembangan Sejarah Indonesia sejak masa Nusantara, masa kolonial hingga terbentuknya NKRI.
  3. Mampu menganalisis perkembangan Sejarah Indonesia dalam konteks sebagai salah satu bangsa di Asia Tenggara.
  4. Mampu menganalisis perkembangan sejarah dan masyarakat Asia Timur khususnya Jepang dan Cina serta pengaruhnya terhadap Indonesia pada masa sesudah terjadinya perang dingin.
  5. Mampu menganalisis perkembangan sejarah dan masyarakat Australia sejak selesainya perang dunia.
  6. Mampu menganalisis sej arah masyarakat Amerika dalam kaitannya dengan kebijakannya terhadap Indonesia.
  7. Mampu menganalisis sejarah dan masyarakat Eropa sejak masa awal hingga pasca colonial dalam konteks pembentukan kolonialisme di Indonesia.

4. Kompetensi Lainnya
a. Mampu membangun teori kebudayaan.
b. Mampu menjelaskan perkembangan pemikiran filsafat ilmu dari Era Klasik, Abad Pertengahan, Modern, dan Posmodern.