E-book buku: Pemberontakan Muslim Cina Pada Akhir Abad XIX, Kajian Historis dan Sosiologis

E-book buku: Pemberontakan Muslim Cina Pada Akhir Abad XIX, Kajian Historis dan Sosiologis

Publikasi Dosen FIB UI

 Pemberontakan Muslim Cina pada Akhir Abad XIX: Kajian Historis dan Sosiologis

 Penulis: Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A. (pengajar pada Program Studi Cina, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia)

Ringkasan publikasi:

 Studi tentang sejarah dan kebudayaan Cina menyediakan ruang yang sangat luas bagi peneliti untuk menemukan topik kajian yang masih banyak dan penting untuk diteliti. Urgensi meneliti tentang sejarah dan budaya Cina menjadi semakin meningkat seiring dengan semakin instensifnya interaksi budaya antara masyarakat Indonesia dengan Cina setelah era Reformasi. Pemahaman sejarah dan budaya Cina diperlukan untuk menjembatani gap budaya agar semakin banyak bidang kerjasama yang bisa dikembangkan, khususnya dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Buku ini merupakan hasil pengembangan penelitian skripsi pada saat penulis menjalani studi sarjana di Jurusan Cina, Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Buku ini dimaksudkan untuk menyajikan suatu rangkaian utuh dari sejarah kaum muslim Cina, khususnya suku bangsa Hui, dengan mengkhususkan pada periode akhir abad XIX, yaitu suatu periode di mana kaum muslim Cina melancarkan beberapa gerakan pemberontakan di berbagai provinsi di wilayah-wilayah perbatasan Cina. Membahas masalah kaum muslim Cina maka akan banyak menyinggung suku bangsa Hui, karena itu buku ini juga banyak melibatkan suku bangsa ini.

Dalam beberapa bagian awal buku ini, penulis sebenarnya telah mengemukakan tujuan dari penulisan. Karena kesulitan untuk memperoleh bahan yang cukup lengkap mengenai gerakan-gerakan kaum muslim ini, maka tidak memungkinkan untuk dapat menguraikan setiap masalah yang ada secara terperinci. Namun demikian, secara garis besar diusahakan untuk menguraikan permasalahan yang ada secara berkesinambungan dan relevan.

Harapan penulis tak lain adalah agar buku ini bermanfaat bagi para peminat atau pengkaji muslim Cina, khususnya tentang pemberontakan muslim Cina yang terjadi di akhir abad XIX. Paling tidak buku ini bisa dijadikan bahan informasi awal bagi mereka yang ingin lebih dalam lagi mengupas gerakan-gerakan muslim Cina itu.