id
id

Komunitas Mahasiwa Filsafat (KOMAFIL)

           PROFIL
KOMAFIL (Komunitas Mahasiwa Filsafat) didirikan oleh mahasiswa program S-1 Filsafat UI pada tanggal 15 November 2002. Komunitas ini didasarkan pada satunya tujuan mahasiswa program studi ilmu filsafat dalam menghadapi segala tantangan yang menyangkut keilmuan dan keberhasilan dalam menempuh studi. KOMAFIL bersifat kolektif, setara, kritis, independen, keilmuan, kekeluargaan, dan kemasyarakatan yang diatur oleh pedoman dan garis-garis konstitusi berbentuk anggaran dasar. Dengan begitu, komunitas ini ingin mewujudkan peran KOMAFIL sebagai komunitas yang menaruh nilai profesionalitas dan kekeluargaan dalam lingkup internal dan ekstra-kampus.

KOMAFIL berawal dari gagasan para filsuf sebagai sebuah tujuan pemersatu dalam mencari dan mengkritisi ilmu pengetahuan. KOMAFIL hadir sebagai wadah bagi lampion-lampion yang akan menerangi dunia ini dengan ilmu pengetahuan. Eudaemonia (kebahagiaan) selalu menjadi tujuan dari hidup manusia. Dalam KOMAFIL Eudaemonia tersebut ada dalam asas kekeluargaan tersebut, walaupun penuh dengan darah perbedaan para anggotanya, namun nafas kekeluargaan menjadi sebuah jembatan pemersatu dalam mencari kebahagiaan. Akhir kata saya ingin mengucapkan KOMAFIL mempersembahkan sebuah Kekeluargaan dan Kebahagian (familia et beatitudinem) bagi semua.

PROGRAM KERJA UNGGULAN

Program kerja dari KOMAFIL pada dasarnya bersifat keilmuan dengan acara-acara berupa diskusi, bedah buku, dan seminar. Acara tahunan KOMAFIL adalah PHILOSOFAIR. Ini merupakan kegiatan yang terdiri dari serangkaian lomba, seminar, dan acara seni yang melibatkan seluruh universitas di Indonesia. Selain itu, PHILOSOPHIA CUP dan KOMAFIL Fun Day hadir sebagai kegiatan rutin cabang olahraga untuk seluruh warga KOMAFIL UI. Tak luput dengan Philosophy Gathering, yaitu ajang silaturahmi dan mengenalkan keluarga besar mahasiswa KOMAFIL kepada mahasiswa baru dengan konsep kekeluargaan.

KOMAFIL telah melakukan bekerja sama dalam beberapa kegiatan dengan pihak eksternal. Di tahun 2018, Yayasan Econusa dan Pandu Laut Nusantara bekerja sama dengan Program Studi Pascasarjana Filsafat FIB UI menyelenggarakan Diskusi Harmoni Laut dengan tema “Kreatif Jaga Laut”. Selain itu, Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBH Masyarakat) bekerjasama dengan Komunitas Filsafat UI dalam diskusi “Jokowi dan Hukuman Mati” untuk memperingati Hari Menentang Hukuman Mati Sedunia.

NAMA KETUA ORGANISASI KOMAFIL 2019

Rezkita Gustarachma Astari Suhendar – Filsafat UI 2016

AKUN MEDIA SOSIAL KOMAFIL UI 2019

Email: komafilfibui@gmail.com

Twitter: @komafilui

Instagram: komafil.ui

Line: @dcg8293j

« dari 5 »