Ikatan Keluarga Sastra Indonesia (IKSI)

Profil IKSI

IKSI atau Ikatan Keluarga Sastra Indonesia adalah lembaga formal untuk mahasiswa Program Studi Indonesia FIB UI. IKSI didirikan secara resmi pada 15 April 1977. Sebelum itu, IKSI hanyalah komunitas dan wadah berkumpul bagi mahasiswa Program Studi Indonesia. Seiring berjalannya waktu, IKSI berkembang menjadi organisasi yang terstruktur. IKSI  memiliki beberapa kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Salah satu di antaranya adalah Falasido (Festival Bulan Bahasa Indonesia) yang diselenggarakan dalam rangka perayaan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan yang ditujukan untuk mempererat kekeluargaan di antara anggota IKSI, seperti Buka Bersama IKSI, Ulang Tahun IKSI, Piala IKSI, dan lain-lain.

IKSI juga memiliki beberapa biro dan komunitas untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa. Biro dan komunitas tersebut adalah Teater Pagupon, kelompok musikalisasi puisi SASINA, kelompok diskusi ilmiah Kedisina, serta pers dan media Gaung. Saat ini, Teater Pagupon telah melaksanakan pementasan sebanyak 102 pementasan. Sementara itu, kelompok musikalisasi puisi SASINA sering tampil di berbagai acara.

Mahasiswa IKSI tercatat telah meraih prestasi di berbagai bidang, diantaranya bidang ilmiah, kesenian, bahkan olahraga. Dalam bidang ilmiah, 3 mahasiswa IKSI berhasil mendapatkan juara 3 PKM-M Olimpiade Ilmiah Mahasiswa UI 2018 dan terpilih untuk didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dalam bidang kesenian beberapa mahasiswa IKSI berhasil meraih juara 2 dalam 8th TDA Dancesport Championship 2018 dan juara 2 dalam Vokal Grup Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2018. Sedangkan dalam bidang olahraga, beberapa mahasiswa IKSI berhasil mendapatkan juara 1 dan 3 dalam Kompetisi Biennale Intervarsity Games 2018 cabang Atletik.

Nama Ketua IKSI: Arzaqia Luthfi Yani (Prodi Indonesia 2017)

Media sosial yang digunakan:

– Twitter: @iksiui

– Facebook: IKSI FIB UI

– Instagram: @iksiui

– Laman daring: www.iksiui.com

– Akun Line: @ugg5973t

– Email: iksiui01@gmail.com

« of 3 »