id
id

Ikatan Keluarga Besar Studi Prancis (IKABSIS)

 

IKABSIS didirikan pada 1970 dan sampai sekarang berperan sebagai ‘rumah dan kendaraan’ bagi semua mahasiswa Program Studi Prancis FIB UI. Sebagai salah satu lembaga formal kemahasiswaan yang diakui FIB UI, organisasi ini mewakili kepentingan mahasiswa Program Studi Prancis dalam kegiatan kemahasiswaan yang bersifat ilmiah dan non-ilmiah. IKABSIS memungkinkan setiap mahasiswa Program Studi Prancis untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam kegiatan-kegiatan yang mencakup bidang keilmuan, seni, olah raga, dan sosial kemasyarakatan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dapat melatih soft skills terkait bidang administrasi, kepemimpinan, kemampuan manajerial, bekerja dalam tim, dan lain-lain. Melalui organisasi ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman penting dalam rangka membentuk pribadi yang berkarakter kuat, tangguh, dan bertanggung jawab, serta mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Kegiatan-kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh IKABSIS antara lain: FestiFrance (Festival budaya Prancis), Je Parle Français (pengajaran bahasa Prancis), Fun Sport, seminar-seminar, dan bakti sosial.

Anggota IKABSIS juga berperan aktif dalam kegiatan perlombaan yang diadakan di dalam dan luar kampus dan berhasil meraih beberapa prestasi, di antaranya Juara 1 Mahasiswa Berprestasi FIB UI 2018, Bahasa Inggris Terbaik Mapres UI 2018, Juara 1 Lomba Tari Tradisional OLIMBUD 2018, Juara 1 Lomba Tari Modern OLIMBUD 2017, Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) FIB UI 2018, Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris OIM FIB UI 2018.

IKABSIS juga membangun relasi dengan organisasi mahasiswa Program Studi Prancis dari universitas lain melalui organisasi
IMASPI (Ikatan Mahasiswa Studi Prancis se-Indonesia) dan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan di dalamnya.