id
id

Deskripsi Program Magister (S2) Ilmu Susastra

PROGRAM MAGISTER ILMU SUSASTRA
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Menjadi pusat studi terkemuka dalam perkembangan ilmu dan kajian sastra, kajian budaya,
kajian filologi dan seni pertunjukan, berdasarkan kepakaran dalam berbagai kesusastraan
dan kebudayaan di Indonesia, Nusantara dan dunia, melalui interaksi keilmuan lintas
disiplin dalam taraf nasional dan internasional.

MISI

  1.   Meningkatkan mutu keilmuan di bidang Ilmu Susastra, dalam pengkhususan Sastra, Filologi, Budaya Pertunjukan dan Cultural Studies, untuk menghasilkan pakar yang mampu menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan ilmunya.
  2. Mengembangkan iklim penelitian di bidang Ilmu Susastra untuk menghasilkan gagasan-gagasan tentang kesusastraan dan kebudayaan dengan perspektif kritis, yang menghargai kemajemukan dan memahami kompleksitas masalah dalam era global.

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. Profil Lulusan Magister Ilmu Susastra
Magister bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu membangun pengetahuan Ilmu Susastra dan Kajian Budaya melalui riset yang inovatif dan teruji untuk memecahkan masalah sastra dan budaya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

2. Kompetensi Utama
a. Mampu menjabarkan teori dan metode Ilmu Susastra dan Kajian Budaya.
b. Mampu merancang riset di bidang Ilmu Susastra dan Kajian Budaya melalui pendekatan interdislpiner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

3. Kompetensi Pendukung
a. Mampu menganalisis masalah-masalah sastra dengan paradigma ilmu pengetahuan, konsep, dan kerangka teori ilmu susastra.
b. Mampu menganalisis masalah-masalah filologi dengan paradigma ilmu pengetahuan, konsep, dan kerangka teori filologi.
c. Mampu menganalisis masalah-masalah budaya melalui pendekatan studi kultural dengan paradigma ilmu pengetahuan, konsep dan kerangka teori studi kultural.
d. Mampu menganalisis masalah-masalah tradisi lisan dengan paradigma ilmu pengetahuan,konsep, dan kerangka teori tradisi lisan.

4. Kompetensi Lainnya
a. Mampu membangun teori kebudayaan.
b. Mampu menjelaskan perkembangan pemikiran filsafat ilmu dari Era Klasik, Abad Pertengahan, Modern, dan Posmodern.