id
id

Deskripsi Magister (S2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi

PROGRAM MAGISTER
ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA

VISI
Menjadi lembaga pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan kepada masyarakat yang terkemuka di tingkat nasional, regional, dan internasional di bidang ilmu perpustakaan, informasi, dan kearsipan.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan dan penelitian ilmu perpustakaan, informasi, dan kearsipan dalam rangka mewujudkan masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan;
  2. Menjadi lembaga pendidikan penghasil sumber daya manusia bermutu, andal, dan terpercaya di bidang ilmu perpustakaan, informasi, dan kearsipan;
  3. Menjalin kerja sama dalam pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan pada masyarakat di bidang ilmu perpustakaan, informasi, dan kearsipan dengan lembaga terkait, baik nasional maupun internasional.

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. Profil Lulusan Magister Ilmu Perpustakaan
Magister bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu membangun pengetahuan bidang ilmu perpustakaan, kearsipan, dan informasi melalui riset yang inovatif dan teruji untuk memecahkan masalah dalam budaya informasi yang berkaitan dengan perpustakaan dan kearsipan melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

2. Kompetensi Utama
a. Mampu menjabarkan teori dan metode ilmu perpustakaan dan informasi;
b. Mampu merancang riset di bidang ilmu perpustakaan, kearsipan, dan informasi melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

3. Kompetensi Pendukung
a. Mampu mensintesis permasalahan budaya informasi yang berkaitan dengan perpustakaan;
b. Mampu mensintesis permasalahan budaya informasi yang berkaitan dengan kearsipan.

4. Kompetensi Lainnya
a. Mampu membangun teori kebudayaan;
b. Mampu menjelaskan perkembangan pemikiran filsafat ilmu dari Era Klasik, Abad Pertengahan, modern, dan Posmodern.