PROGRAM DOKTOR LINGUISTIK
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA
VISI
Menjadi pusat terkemuka dalam pengembangan linguistik teoretis dan terapan–berdasarkan kepakaran dalam ilmu bahasa Indonesia, bahasa daerah Nusantara, serta berbagai bahasa asing–dengan memajukan pendidikan lanjut dan penelitian, serta meningkatkan interaksi profesional, baik yang bersifat intradisiplin maupun yang antardisiplin pada taraf nasional dan internasional.
MISI
1. Meningkatkan mutu keilmuan dan keprofesian sumber daya manusia di bidang linguistik;
2. Mengembangkan iklim penelitian bahasa serta meluaskan penyebaran hasilnya lewat pertemuan berkala dan publikasi;
3. Meluaskan kerj a sama profesional di antara sesama Program Studi Linguistik pada taraf nasional dan internasional.
PROGRAM STUDI LINGUISTIK
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Profil Lulusan Doktor Linguistik
Doktor bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu mengevaluasi teori dan metodologi linguistik untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji dalam rangka pemecahan masalah linguistik melalui riset interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan dalam bidang linguistik, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
2. Capaian Pembelajaran
1. SIKAP
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
d. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
e. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
f. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
g. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
h. Menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan (veritas, probitas, iustitia)
2. PENGETAHUAN
a. Mampu mengembangkan teori linguistik secara komprehensif, baik sebagai ilmu yang mandiri maupun dalam rangka antardisiplin/multidisiplin
b. Mampu memadukan konsep dan prinsip-prinsip metodologi penelitian linguistik;
c. Mampu merumuskan masalah kebahasaan di berbagai ranah penggunaan bahasa dengan teori dan metodologi linguistik mutakhir.
d. Mampu membuat hipotesis permasalahan kebudayaan melalui analisis linguistik
mutakhir.
3. KETERAMPILAN KHUSUS
a. Mampu menerapkan sintesis teori dan metodologi linguistik secara komprehensif dalam penelitian linguistik antardisiplin/multidisiplin.
b. Mampu menyajikan hasil penelitian masalah kebahasaan dalam berbagai ranah penggunaan bahasa.
c. Mampu melaksanakan dan menyajikan survey penelitian kebudayaan melalui analisis linguistik mutakhir, baik secara kualitatif, kuantitatif, maupun matode paduan.
d. Mampu mengajarkan prinsip-prinsip pengembangan teori dan metodologi penelitian secara tepat guna
4. KETERAMPILAN UMUM
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
c. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
d. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
e. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
f. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
PENGAJAR TETAP PROGRAM DOKTOR LINGUISTIK
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA
SEBARAN MATA KULIAH PROGRAM DOKTOR LINGUISTIK
FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
SEMESTER 3 |
||||||
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
BUD 90005 |
Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Metodologi | 5 | BLI 90607 | Teori danMetodologi
Linguistik |
5 |
BLI90710 |
Ujian Proposal Riset | 6 |
BUD 90004 |
Teori dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Budaya | 5 |
BLI 90604 |
Bacaan Penunjang Disertasi | 3 | |||
Jumlah | 10 | Jumlah | 5 | Jumlah | 9 | |||
Jumlah SKS Semester 1 | 10 | Jumlah SKS Semester 2 | 5 | Jumlah SKS Semester 3 | 9 |
SEMESTER 4 |
SEMESTER 5 |
SEMESTER 6 |
||||||
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
KODE |
MATA KULIAH | SKS |
BLI 90708 | LaporanPerkembangan
Riset |
4 | BLI 90711 | Ujian Hasil Riset | 8 | BLI90713 | Promosi | 6 |
BLI 90712 | Publikasi Karya Ilmiah | 8 | ||||||
Jumlah | 4 | Jumlah | 16 | Jumlah | 6 | |||
Jumlah SKS Semester 4 | 4 | Jumlah SKS Semester 5 | 16 | Jumlah SKS Semester 6 | 6 |
Wajib Program Studi |
50 |
Peminatan |
0 |
Total beban Studi |
50 SKS |