id
id

Acara Penutupan Program Bipa Reguler Periode Januari—April 2024 Mengusung Tema “Banyumas: Jiwa Selaras Dalam Seni Bernilai Emas”

Pada Sabtu, 4 Mei 2024 program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) LBI (Lembaga Bahasa Internasional), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia mengadakan acara penutupan program atau biasa dikenal dengan nama Wisuda BIPA UI. Acara ini diselenggarakan sebagai penanda bahwa satu periode ajar telah berakhir sekaligus merupakan acara perayaan atas kelulusan peserta BIPA 3 yang telah menyelesaikan masa belajarnya. Selain itu, acara ini juga merupakan bentuk apresiasi atas semangat belajar para peserta

Acara penutupan program ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Seperti pada acara penutupan program sebelum-sebelumnya, acara ini mengangkat sebuah tema yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia. Tema yang diangkat pada acara kali ini adalah “Banyumas: Jiwa Selaras dalam Seni Bernilai Emas”. Perhelatan yang diadakan di Auditorium Gedung IX ini berlangsung sangat meriah dan dihadiri banyak tamu undangan. Para tamu undangan berasal dari berbagai kalangan, baik dari kalangan internal maupun eksternal. Para tamu undangan dari kalangan internal FIB UI adalah Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Dr. Untung Yuwono, yang memberikan sambutan, Manajer Keuangan FIB UI, Ibu Dr. Dwi Puspitorini, Wakil Kepala LBI FIB UI, Ibu Airin Miranda, M.A., dan para pengajar BIPA LBI FIB UI. Dari kalangan pejabat Universitas Indonesia, turut hadir pula Ibu Dina Septianisach selaku International Scholarships Officer. Selain itu, perhelatan ini juga dihadiri tamu-tamu istimewa, yaitu Ibu Dr. Dewaki Kramadibrata, Kepala Program BIPA UI periode 1996—2000, Mantan ketua APPBIPA Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA Pusat, Dr. Liliana Muliastuti, dan Ketua APPBIPA Jaya, Erni Catur Westi, S. Hum.

Pada periode ini, sebanyak 123 peserta dari 17 negara telah mengikuti pembelajan di Program BIPA Reguler. Para perserta tersebut terbagi ke dalam beberapa level, yaitu BIPA 1, BIPA 2, BIPA 3, BIPA TKA 1 dan BIPA TKA 2 dengan total 13 kelas. Di antara 123 peserta tersebut, sebanyak 28 peserta dinyatakan lulus Program BIPA Reguler.

Untuk meningkatkan kemampuan. Berbahasa Indonesia para peserta, Program BIPA selalu mengadakan berbagai kegiatan belajar, baik di dalam maupun di luar kelas. Pada periode Januari—April ini, para peserta BIPA telah mengikuti kegiatan luar kelas berupa kunjungan ke pasar tradisional untuk BIPA 1, kunjungan ke PMI untuk BIPA 2, dan kunjunhan ke Museum Bank Mandiri, Kota Tua untuk peserta BIPA 3. Tidak hanya itu, sebagian peserta juga telah mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti Arumba, menari, kesenian jawa, membatik dan beberapa kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Hasil dari kegiatan tersebut turut ditampilkan dalam acara penutupan progam ini. Para peserta mampu menari tarian tradisional Indonesia, bermain Arumba dan gamelan, bahkan menampilkan pertunjukan wayang.

Untuk mengapresiasi semangat belajar para peserta, para pengajar BIPA memberikan penghargaan kepada para peserta BIPA dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, baik itu secara tulis maupun lisan. Para peserta BIPA 1 memenangkan beberapa penghargaan, di antaranya penghargaan ‘Pengalaman Berbelanja Terbaik’ di kemahiran Berbicara yang dimenangkan oleh Madoka Shimmi, Mami Oishi, dan Kim Chaeyeon dan penghargaan ‘Tulisan Pengalaman Berbelanja  Terbaik’ yang dimenangkan oleh Eri Chiba, Juno Takahashi, dan Soma Kamiya.

Tidak hanya para peserta BIPA 1, para peserta BIPA 2 juga memenangkan beberapa penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan untuk mengapresiasi kemampuan mereka dalam menulis karangan teks naratif dan ulasan produk. Penghargaan Teks Naratif Terbaik diberikan kepada Jeong Seong Young, Mika Yasuda, dan Regina Lynn Looney. Sementara itu, penghargaan ‘Ulasan Produk Terbaik’ diberikan kepada Park Jae Seong, Tao Kazuma, dan Donia Abdelkader.

Untuk para wisudawan BIPA III, selain mempersembahkan acara pelepasan ini, para pengajar juga memberikan apresiasi bagi perjuangan mereka hingga tingkat akhir di BIPA LBI FIB UI, yaitu penghargaan ‘Esai Terbaik’ (argumentatif dan komparatif). Penghargaan tersebut diberikan kepada Yuhi Ono, Takashi Miyazaki, Tsubasa Takahashi, Mako Kuroki, Tsubasa Takahashi, Ham Hyo Joung. Sama halnya dengan BIPA 1, para peserta BIPA 3 juga mendapatkan penghargaan untuk mengapresiasi kemampuan berbahasa Indonesia secara lisan mereka. Penghargaan ‘Pidato Terbaik’ diberikan kepada Jin Ke dan Zuhairee Pohvee yang pada acara penutupan itu turut menyampaikan pidato mereka di hadapan para tamu undangan.

Ucapan terima kasih juga diberikan kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Program BIPA periode Januari—April 2024. BIPA LBI FIB UI akan terus berusaha menciptakan media belajar yang baru, unik, dan kreatif, serta mengemas kelas bahasa Indonesia menjadi kegiatan belajar yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi dengan penutur asli bahasa Indonesia dan mempelajari budaya dan karakter bangsa Indonesia. Salam BIPA! (dkx)

Related Posts