id
id

Penutupan Program BIPA Reguler Periode September—Desember 2022

BIPA LBI FIB UI Mengadakan Acara Penutupan Program BIPA Reguler Periode September—Desember 2022 pada hari Sabtu, 17 Desember 2022 lalu. Acara penutupan program ini merupakan acara yang rutin dilakukan pada setiap akhir periode belajar peserta kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di LBI FIB UI. Pada periode ini, BIPA LBI UI telah memfasilitasi kelas BIPA baik secara daring maupun luring. Meskipun begitu, mengingat kondisi pandemi yang belum memungkinkan diadakannya penutupan program secara langsung, BIPA UI memutuskan untuk kembali mengemas acara penutupan program reguler BIPA UI periode ini secara daring (online).

Dengan mengangkat tema “Harumnya Rempah Maluku Kie Raha, Harumnya Nama Indonesia”, acara yang disiarkan secara langsung pada kanal Youtube LBI FIB UI pada pukul 14.00—15.30 WIB ini menarik hati para pengajar, peserta, dan tamu undangan yang datang menyaksikan. Acara dikemas selayaknya acara penutupan program reguler secara luring, dengan dipandu oleh pembawa acara berbusana adat Maluku beserta sajian kebudayaan, seperti tari, arumba, dan gamelan dengan tema adat yang sama.

Meskipun dilakukan dalam suasana yang terbatas, acara ini disaksikan oleh banyak tamu undangan. Ada pun para undangan terdiri atas undangan internal FIB UI dan undangan eksternal FIB UI. Undangan dari internal FIB UI adalah Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum., Direktur LBI FIB UI, Ibu Dr. Myrna Laksman serta kedua wakilnya, Hilda Sutandyo, M.Hum dan Airin Miranda, S.Hum., M.A., serta para Manajer di LBI FIB UI. Selain disaksikan oleh pihak FIB UI, acara ini disaksikan pula oleh pejabat Universitas Indonesia. Pun turut hadir dalam acara ini, yaitu Ketua APPBIPA Pusat, Dr. Liliana Muliastuti. Tidak lupa, hadir pula meramaikan acara ini para mantan Manajer BIPA FIB UI, yaitu Dr. Dwi Puspitorini, dan Leli Dwirika M.A. Selain dari dalam negeri, tamu undangan acara penutupan kali ini juga berasal dari luar negeri, terutama keluarga peserta yang tinggal di negara mereka.

Acara penutupan program reguler BIPA UI periode ini ditampilkan dengan susunan acara yang cukup berbeda dari penutupan program daring sebelumnya. Acara dibuka dengan sajian tayangan pembuka yang berisi selayang pandang tentang Maluku dan sejarahnya yang menjadi tema besar dalam acara penutupan program ini. Setelah itu, pembawa acara yang merupakan peserta BIPA II menyapa para pemirsa dan secara resmi membuka acara ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Ibu Sri Handayani Yasa selaku Manajer BIPA FIB UI. Dalam laporannya, Manajer BIPA FIB UI menyatakan bahwa program BIPA kali ini diikuti oleh 91 orang peserta yang berasal dari 10 negara. Para peserta tersebut terbagi ke dalam 4 kelas BIPA I, 3 kelas BIPA II, dan 2 kelas BIPA III. Pada kelas BIPA II dan BIPA III, salah satu kelas dilaksanakan secara daring. Pada periode ini, 12 orang peserta BIPA III reguler yang terdaftar telah menyelesaikan program dengan baik. Setelah laporan Manajer BIPA UI selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan Direktur LBI FIB UI, Dr. Myrna Laksman, dan sambutan dari Dekan FIB UI, Bapak Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum.

Masuk ke inti acara, narator memanggil wisudawan dengan menyebutkan karakter dan kekhasan peserta selama empat bulan di kelas BIPA III. Tidak lupa, acara juga diisi berbagai video kompilasi yang menggambarkan kegiatan BIPA UI selama periode ini, seperti kegiatan belajar di kelas tatap muka maupun daring, pidato, dan kunjungan belajar. Selain itu, ada pula cuplikan berbagai kelas ekstrakurikuler di BIPA UI, seperti Ngobrol Bareng BIPA UI (Ngopi), membatik, arumba, gamelan, dan menari.

Di tengah-tengah acara, pengajar juga mengumumkan beberapa penghargaan, khususnya dalam kemahiran Menulis dan Berbicara, sebagai bentuk apresiasi BIPA UI kepada peserta yang sudah gigih belajar. Penghargaan untuk kategori ‘Cerita Pengalaman Terbaik’ yang menekankan pada lafal dan pengucapan, serta kefasihan berbahasa peserta BIPA I diraih oleh Tomiki Noe di posisi pertama, Kim Taewan di posisi ke-2, dan Hiroyuki Tajima sebagai posisi ke-3. ‘Tulisan Terbaik’ dalam bentuk karangan naratif dan ulasan, serta ‘Penyaji Presentasi Terbaik’ diberikan kepada para peserta BIPA II. Penghargaan dalam kategori ‘Penyaji Presentasi Terbaik’ secara berurutan diraih oleh Kim Yeaji, Hannah Glathar Joyce, dan Do Yein. Untuk kategori ‘Karangan Naratif Terbaik’ diraih oleh Wang Minchao, Choi You Hyun, dan Lee Hyerim. Untuk kategori ‘Ulasan terbaik’ diraih oleh Hannah Glathar Joyce, Mio Kumagai, dan Choi You Hyun. Untuk wisudawan BIPA III, pengajar mengumumkan penghargaan menulis ‘Esai Komparatif Argumentatif Terbaik’ yang diberikan kepada Sakamoto Sayono, On Taihyeon, dan Lee Eunkyung dari BIPA 3A, serta Kim Soo Young dan Kanako Hozumi kelas BIPA 3B. Untuk lomba pidato terfavorit diraih oleh Kanako Hozumi sedangkan pidato terbaik diraih oleh Kim Hye Jun.

Acara penutupan ini kemudian dilanjutkan dengan penayangan video pidato dari Kanako Hozumi sebagai pemenang lomba pidato terfavorit BIPA III. Dalam pidatonya, Kanako menceritakan tentang pengalamannya selama tinggal di Indonesia dan belajar BIPA di LBI UI. Ia juga mengungkapkan bahwa kurikulum BIPA UI disusun dengan baik dan dapat membantu peserta asing memahami bahasa Indonesia dengan maksimal. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa belajar di BIPA UI bisa membantunya memahami Indonesia dengan lebih baik. Setelah pidato Kanako selesai, acara ditutup dengan penampilan Tari Lenso dari peserta. (LBI)

Related Posts