id
id

Delegasi National Chengchi University Taiwan Antusias Mainkan Gamelan Jawa dalam Kunjungannya ke FIB UI

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menerima kunjungan dari delegasi National Chengchi University Taiwan (NCCU) pada Selasa (24/1). Kunjungan diawali dengan pertemuan delegasi National Chengchi University dengan pimpinan UI di Rektorat. Pada pertemuan resmi ini, FIB UI diwakilkan oleh Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Dr. Untung Yuwono dan Ketua Departemen Kewilayahan FIB UI Dr. Rahadjeng Pulungsari Hadi. Selepas pertemuan tersebut, delegasi National Chengchi University Taiwan yang terdiri dari Prof. Herng Su, Vice Chancellor for University System of Taiwan National Chengchi University Taiwan, Prof. Yao-Chueh Juan, Dean of College of Foreign Languages and Literature of NNCU, dan Ms. Brigitta (NCCU representative in Indonesia) melakukan Campus Tour di FIB UI didampingi oleh Kepala SubDirektorat Pengembangan Kolaborasi Riset Direktorat Riset dan Pengembangan UI Ibu drg. Masita Mandasari, Ph.D.

Kunjungan di fakultas disambut hangat oleh Dr. Herdito Sandi Pratama Manajer Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ibu Nita Madona Sulanti, S.S., M.A. Kaprodi Cina, Dr. Darmoko, S.S., M.Hum. selaku ketua program studi pascasarjana Asia Tenggara dan Dr. Ari Prasetiyo, S.S. selaku kepala PPKB FIB UI, Asisten Manajer Umum Bapak Yatin Nuryanto dan Kepala Humas dan Protokol FIB UI Ibu Chysanti Arumsari, M.A. Dr. Ari Prasetiyo dan Dr. Darmoko yang juga merupakan dosen program studi jawa, mendemonstrasikan cara memainkan gamelan jawa dan wayang kulit. Dr. Ari secara khusus memberikan pelatihan singkat bagi para pimpinan National Chengchi University untuk dapat memainkan gamelan lagu “Sluku Sluku Bathok”. Dengan antusias, para pimpinan NCCU ikut memainkan gamelan. Dr. Darmoko, yang dikenal sebagai seorang dalang, juga secara khusus memberikan informasi cara memainkan wayang kulit dengan paparan karakteristik wayang.

Dengan adanya kunjungan ini FIB UI mengharapkan adanya kerja sama di berbagai bidang di masa mendatang dengan National Chengchi University Taiwan.

 

Related Posts