Promosi Doktor Ilmu Susastra Sdr. Harfiyah Widiawati

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI) telah meluluskan seorang doktor pada tahun 2023, khususnya untuk Program Pascasarjana Ilmu Susastra. Beliau adalah Sdr. Harfiyah Widiawati. Untuk menyelesaikan studi doktornya, Sdr. Harfiyah Widiawati membuat sebuah disertasi yang berjudul Gonvernmentity dalam Tiga Novel Indonesia Pasca-Reformasi”.

Disertasi yang disusun oleh Sdr. Harfiyah Widiawati ini dibimbing oleh Prof. Melani Budianta, M.A., Ph.D. (Promotor) dan Prof. Manneke Budiman, M.A., Ph.D. (Kopromotor). Sidang promosi doktor dilaksanakan pada Rabu (11/12) yang dipimpin oleh Dr. Turita Indah Setyani, M.Hum. (Ketua Tim penguji) dan beberapa anggota penguji, seperti Prof. Sylvia Tiwon, M.A., Ph.D., Dave Lumenta, Ph.D., Tommy Christomy, M.A., Ph.D., dan Dr. LG. Saraswati Putri, M.Hum. Sidang promosi doktor ini dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting.

Pembahasan yang diangkat dalam disertasi tersebut adalah mengenai pengkajian terhadap tiga novel Indonesia pasca-reformasi. Topik ini diambil untuk membuka cara negara dalam bekerja dengan sebuah konsep yang bernama “the art of modern government”. Konsep tersebut meliputi pengaturan penduduk, ekonomi politik, dan perangkat keamanan. Selain itu, dalam disertasi ini Sdr. Harfiyah Widiawati mengurai beberapa hal terkait, seperti kontribusi teoretik karya sastra (novel) dalam memberi warna baru bagi wacana governmentality; (2) bentuk kepengaturan dominan yang muncul dalam anatomi tiga novel dan membentuk kekhasan novel pasca-Reformasi; (3) keterlibatan tiga novel dalam merespons atau menjadi agensi yang ikut serta menyebarluaskan rezim kepengaturan.

Ketiga novel yang dijadikan sebagai data dalam disertasi ini adalah novel yang berjudul Lampuki, Puya ke Puya, dan Dawuk. Ketiga novel tersebut dipilih karena menjadi pemenang sayembara dalam DKJ dan KSKS. Sebuah penelitian dilakukan pasti juga tidak akan terlepas dari sebuah tujuan. Dengan demikian, tujuan diangkatan topik dan tema disertasi ini oleh Sdr. Harfiyah Widiawati adalah untuk menangkap getaran kepengaturan pasca-Reformasi di Indonesia yang terpatri dalam setiap elemen di tiga novel pemenang sayembara DKJ dan KSK tersebut.

Dengan disertasinya yang berjudul “Gonvernmentity dalam Tiga Novel Indonesia Pasca-Reformasi”, Sdr. Harfiyah Widiawati mendapatkan gelar Doktor. Beliau adalah doktor ke -414 dan Doktor ke-2 Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra FIB UI yang lulus di tahun 2023.

Related Posts