id
id

FGD Penyusunan Peta Jalan Strategi Kebudayaan untuk Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan

FIB UI menjadi tuan rumah penyelenggaraan Focus Group Discussion Penyusunan Peta Jalan Strategi Kebudayaan untuk Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan pada Rabu (2/2) secara hybrid. Beberapa pimpinan, narasumber, dan tamu undangan hadir di FIB UI dan lainnya hadir via Zoom.

FGD ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum. Para narasumber pada acara ini antara lain Prof. Melani Budianta dan Bapak Tommy F. Awuy. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. L.G. Saraswati Putri dari FIB UI. Beberapa peserta FGD antara lain adalah Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FIB UI Dr. Taufik Asmiyanto, Ketua Makara Art Center, Dr. Ngatawi Al Zastrouw, S.Ag, M.Si., Manajer Kerja Sama dan Ventura FIB UI Eva Latifah, Ph.D., Manajer Umum Dr. Hendra Kaprisma , Dr. Hendro Susanto dan beberapa tamu undangan lainnya yang merupakan pemerhati budaya, yaitu Dr. Rahmat Kemal Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta., dan KH. Abdullah Wong Sekretaris Umum LESBUMI.

Pada sesi paparannya, Prof. Melani Budianta mempresentasikan tentang strategi pemajuan kebudayaan dari sisi peran universitas. Sementara itu, Bapak Tommy F. Awuy menyampaikan beberapa poin mengenai gagasan tentang peta itu sendiri dan juga kreasi dan estetika, khususnya bagaimana supaya estetika tidak terabaikan. Dalam sesi dialog dengan Ketua Makara Art Center, pembahasan birokratisasi budaya dan relasi kuasa juga bergulir.

Dekan FIB UI menyampaikan bahwa FIB UI merasa terhormat menjadi tuan rumah pertama dalam penyelenggaraan FGD untuk penyusunan strategi nilai-nilai kebangsaaan ini. FGD diharapkan memberikan masukan dan kritik terhadap peta jalan yang sedang disusun oleh tim kerja. Memformulasikan ini bukan hal yang mudah dan perlu banyak dialog dengan para pakar. Moderator FGD, Dr. L.G. Saraswati menyampaikan pentingnya tahap identifikasi temukenali kebudayaan sehingga UI dapat membantu menghimpun, mengkonsolidasi dan merumuskan kebijakan yang tepat.

Related Posts