id
id

FIB UI Jalin Kerja Sama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Spanyol Melalui Kunjungan Duta Besar

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menerima kunjungan dari Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco de Asis Aguilera Aranda pada Rabu (19/1).

Dubes disambut oleh Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum., Wakil Dekan bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Dr. Taufik Asmiyanto, M.Si.,  Manajer Kerja sama dan Ventura Eva Latifah, Ph.D., Dosen Program Studi Perancis Dr. Danny Susanto, M.A., dan Kepala Humas FIB UI Chysanti Arumsari, M.A.

Pertemuan pimpinan FIB UI dengan Duta Besar Kerajaan Spanyol berlangsung hangat. Beberapa poin penting kerja sama yang akan dikembangkan lebih lanjut antara lain: penyelenggaraan mata kuliah terkait bahasa, budaya, dan masyarakat Spanyol, kuliah umum, penyelenggaraan kegiatan budaya, dan sertifikasi kemahiran Bahasa Spanyol resmi.

Dekan FIB UI menyampaikan bahwa kesempatan pertemuan ini merupakan langkah penjajakan kerjasama yang sangat baik. Saat ini FIB UI memiliki mata kuliah Bahasa Spanyol yang merupakan mata kuliah pilihan yang telah mendapatkan animo yang tinggi dari mahasiswa, namun sedang tidak memiliki pengajar dari Spanyol. Untuk itu, rencana dukungan dari Kedutaan Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia dalam penyelenggaraan mata kuliah dan kuliah umum dengan fokus tidak hanya pada aspek bahasa, tetapi juga aspek budaya dan masyarakat dengan mendatangkan narasumber dari Spanyol diyakini akan menambah antusiasme mahasiswa dan dosen.

Duta Besar Kerajaan Spanyol menyampaikan pentingnya kerjasama antar kedua institusi. Ia menuturkan, “While we had a history together, we should have our future together,”. Untuk itu, selain dukungan di bidang penyelenggaraan mata kuliah, H.E. Mr. Francisco de Asis Aguilera Aranda juga menyampaikan kemungkinan kerja sama di bidang lainnya, seperti penyelenggaraan cultural events dan mengeksplorasi bidang-bidang lainnya untuk kerjasama jangka panjang.

Kerjasama antara FIB UI dengan Kedutaan Besar Kerajaan Spanyol diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan antusiasme sivitas akademika UI terhadap masyarakat dan budaya Spanyol. Tidak hanya itu, kedua belah pihak berharap hasil dari kerjasama dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan mempererat hubungan Indonesia dan Spanyol melalui kerjasama kedua institusi.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian cenderamata dari Dekan FIB UI kepada Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia.

Related Posts