id
id

Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIB UI Tahun 2021

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menggelar ajang tahunan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021. Juara dari FIB nantinya akan menjadi perwakilan fakultas dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Indonesia. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIB digelar dalam 2 hari, Senin, 17 Mei 2021 dan Selasa, 18 Mei 2021. Acara dibuka dengan sambutan Dekan FIB UI, Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi adalah 14 orang yang
merupakan perwakilan dari masing-masing program studi di FIB UI. Para peserta juga membuat satu video profil yang ditayangkan di acara pembukaan. Seluruh tahapan pilmapres diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan siaran langsung YouTube fakultas.

Sesi penjurian presentasi gagasan kreatif dalam Bahasa Indonesia dilaksanakan di hari pertama setelah pembukaan, dan disiarkan melalui kanal YouTube FIB UI. Juri sesi ini adalah Bapak Totok Suhardijanto, Ph.D. dan Bapak Nazarudin, S.Hum., M.A. Hari kedua adalah penjurian Bahasa Inggris melalui presentasi makalah dalam Bahasa Inggris dan wawancara prestasi. Untuk sesi presentasi Bahasa Inggris dewan juri adalah Bapak Junaidi,
M.A. dan Bapak Andhika Wijaya, M.TransInterp. Lalu, dewan juri sesi wawancara prestasi adalah Bapak Fajar Muhammad Nugraha, S.Hum., M.Si. dan Bapak Reynaldo de Archellie, M. Si.

Pengumuman pemenang ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIB 2021 secara daring dilakukan pada Selasa, 18 Mei 2021. Kategori penghargaan adalah makalah terbaik, Bahasa Inggris terbaik dan prestasi terbaik serta pengumuman juara harapan 1, 2 dan 3 diikuti dengan pengumuman juara 1, 2 dan 3. Para pemenang diumumkan oleh Bapak Reynaldo de Archellie selaku ketua dewan juri dan Manajer Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni FIB UI.

Kategori penghargaan makalah terbaik diperoleh Ragil Putra Hadi Yanto dari Program Studi Indonesia (2018). Untuk prestasi terbaik diperoleh Sandra Novita Manik dari Program Studi Belanda (2018). Sementara itu, kategori Bahasa Inggris terbaik dioperoleh Aldine Azhar Adinda dari Program Studi Inggris (2018). Enam orang ditetapkan sebagai juara dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi FIB UI. Juara harapan 3 dimenangkan oleh Rumondang Amanda dari Program Studi Arkeologi, Juara Harapan 2 dimenangkan oleh Siti Kirana Kose dari Program Studi Filsafat. Lalu untuk Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Zahra Fathiyah dari Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Meraih tiga peringkat tertinggi, Juara 3 diraih oleh Prily G.E. Soetiman dari Program Studi Rusia terpilih, Juara 2 diraih Aldine Azhar Adinda dari Program Studi Inggris. Pemenang Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Utama FIB UI tahun 2021 adalah Sandra Novita Manik dari Program Studi Belanda.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) adalah diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan memilih satu Mahasiswa Berprestasi Utama yang akan mewakili FIB di Pilmapres tingkat universitas. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini Pilmapres tingkat fakultas masih mengusung tema Sustainable Development Goals. Para peserta pilmapres telah mempresentasikan gagasan- gagasan kreatifnya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di hadapan dewan juri. Selain itu, para peserta juga memaparkan capaian prestasi yang pernah diraih selama masa perkuliahannya.
Dengan terpilihnya Mahasiswa Berprestasi Utama FIB UI Tahun 2021, Sandra Novita Manik, FIB UI siap berkompetisi di tingkat universitas. Pimpinan dan keluarga besar FIB UI mengucapkan selamat kepada seluruh Mahasiswa Berprestasi FIB UI tahun 2021!

Previous PostNext Post

Related Posts