id
id

FIB UI Raih Penghargaan Champion Plaswas kategori Gold untuk Pengelolaan Sampah Plastik

Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan PT  Dow Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, dan Pemerintah Kota Depok menggelar kegiatan edukasi pengolahan sampah plastik. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Januari – Maret 2021 di Lingkungan kampus UI.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Pd.D. mengatakan “Kegiatan ini menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik.” Prof. Ari juga berharap jajaran pimpinan, sivitas akademik UI, dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan sampah plastik dan mengedepankan pelestarian lingkungan.

Puncak acara dilaksanakan secara daring pada Rabu (31/3). UI dan PT Dow Indonesia mengumumkan para pemenang dari berbagai lomba yang telah dilaksanakan, selain itu dalam acara ini pihak penyelenggara juga membagikan penghargaan kepada Internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya terhadap pengelolaan sampah plastik di lingkungan kampus UI.

Pada puncak acara tersebut, Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D. selaku ketua pelaksana mengatakan “Rangkaian kegiatan edukasi ini diadakan dalam empat bentuk, yaitu webinar bertajuk “Education, Communication, Raising Awareness, and Changing People Behaviour Plactic and Waste Management in Universitas Indonesia”, community project, lomba 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace), dan Champion Plaswas. Khusus kegiatan Champion Plaswas, penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori untuk pihak-pihak internal UI yang dianggap menjalankan kegiatan manajemen sampah dengan baik.”

Business Development PT Dow Indonesia, Donny C Ariefanto mengatakan bahwa kerja sama antara UI dengan PT Dow Indonesia ini adalah salah satu bentuk kerja sama circular ecomony initiative, yaitu sebuah pola ekonomi yang berusaha mendayagunakan limbah industri menjadi produk tepat guna. “Kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal yang baik dalam menggerakkan ekonomi sirkular untuk Indonesia yang lebih baik. Kami melihat bahwa plastik bukanlah masalah utama, tapi yang menjadi masalah utamanya adalah perilaku dan infrastruktur dari pengelola sampah itu sendiri,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini melibatkan banyak pihak. Kegiatan community project diikuti oleh 53 peserta yang bertujuan untuk mempromosikan pengelolaan sampah kepada masyarakat di sekitar Depok. Lomba 4R diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari dalam dan luar UI. Lomba 4R dilakukan dalam bentuk kompetisi e-poster, e-booklet, dan video pendek tentang pengelolaan limbah plastik. Webinar bertajuk “Education, Communication, Raising Awareness, and Changing People Behaviour Plactic and Waste Management in Universitas Indonesia” yang dilaksanakan pada 20 Maret 2021 memberikan berbagai perspektif terhadap pengelolaan limbah plastik kepada peserta.

Terakhir, pemberian penghargaan Champion Plaswas kepada pihak-pihak internal UI. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya mendapatkan penghargaan Champion Plaswas kategori gold untuk komitmen, kreativitas, dan implementasi pengelolaan sampah. Selain FIB UI, ada pula Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ilmu Administrasi yang meraih penghargaan Champion Plaswas kategori gold. Penghargaan ini diberikan oleh Haruki Agustina, Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia secara daring.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat di sekitar UI dan kota Depok tentang cara mengelola sampah plastik dan mendayagunakannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

 

Related Posts