id
id

FIB UI Pertahankan Peringkat GreenMetric UI 2020 dan Menjadi yang Terbaik di Bidang Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) berhasil mempertahankan gelar Juara Ketiga Fakultas Berkelanjutan pada UI GreenMetric Indonesia 2020 tingkat Universitas Indonesia. Penganugerahan penghargaan diserahkan pada Senin, 21 Desember 2020 secara daring oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. kepada Dekan FIB UI, Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu, S.S., M.A.

Tidak hanya meraih peringkat 3 terbaik, FIB UI juga dinobatkan sebagai fakultas dengan performa terbaik dalam salah satu dari enam indikator UI GreenMetric yaitu pengelolaan energi dan perubahan iklim. Penghargaan ini dapat dicapai utamanya karena adanya produksi energi terbarukan di dalam kampus melalui beberapa unit panel surya di kantin budaya, mushola serta area Gedung X FIB UI.

Dekan FIB UI menuturkan melalui pidato penerimaan penghargaannya bahwa FIB UI berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi persyaratan untuk menjadikan fakultas bagian dari Universitas Indonesia yang menjaga lingkungannya. Upaya-upaya yang dilakukan pada awalnya cukup berat dan  dilakukan bertahap. FIB UI memulai dari peringkat 13 dan meningkat ke peringkat 5, sampai pada 2 tahun terakhir bisa memperoleh dan mempertahankan peringkat 3. Usaha-usaha yang dilakukan salah satunya adalah dengan meminta banyak masukan dari para ahli.

Rektor UI menuturkan, “Peran kita di Indonesia sangat penting dalam mengembangkan kampus yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Hal ini sejalan dengan semangat mewujudkan 17 SGDs yang tidak hanya untuk tingkat nasional dan negara namun juga sampai level universal.”

Adapun UI menempati posisi ke-27 dunia dan ke-1 di Indonesia dalam pemeringkatan GreenMetric sebagai kampus hijau berkelanjutan. UI GreenMetric World University Ranking memiliki 6 Indikator yang berkaitan erat dengan17 SDGs. Keenam indikator tersebut adalah Waste, Water, Transportation, Energy and Climate Change, Education, dan Setting and Infrastructure.

Ketua UI GreenMetric World University Ranking Prof.Dr.Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc. memberikan apresasi tinggi pada pencapaian FIB UI dan sustainability report yang semakin lama semakin komprehensif.

Hal ini tercermin dari FIB UI yang juga diunggulkan dalam pengelolaan limbah cair karena telah menggunakan mesin semi-otomatis untuk mengelola limbah cair dan semi cair agar bisa difilter sehingga terurai zat cairnya. Limbah cair konsumsi rumah tangga fakultas dan kantin dipilah sendiri dan dimasukkan ke kantong khusus untuk ditampung di TPS fakultas.

Sementara itu limbah cair dari saluran wudhu, wastafel cuci tangan, cuci piring dan gelas dialirkan ke tempat  bak penampungan  atau resapan sebagai tempat penyaringan di setiap gedung. Setelah disaring, barulah dialirkan ke danau konservasi. Dengan demikian, danau tidak tercemar. Biopori juga dibuat sebagai alternatif penyerapan langsung.

FIB UI terus berupaya menjadi fakultas yang berwawasan lingkungan lebih baik lagi dengan peningkatan fasilitas dan peningkatan kesadaran dan perilaku menjaga lingkungan. Salah satu yang terbaru adalah dengan pembuatan ground tank. Di masa mendatang, FIB UI berupaya juga untuk mengoptimalisasi penggantian energi listrik konvensional dengan solar panel. Selain itu, sivitas akademika FIB UI juga terus diajak untuk turut aktif menjaga lingkungan tempat bekerja dan belajar.

Related Posts