id
id

Public Lecture The Hegemony of Information Technology

Pada hari Senin 2 Maret 2020, telah berlangsung acara Public Lecture “The Hegemony of Information Technology: The Novel Frontier of Global Capitalists. Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dalam rangka persiapan pembukaan program Doktor Kajian Informasi (Information Studies). Acara berlangsung di Auditorium Gedung 1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Acara ini mengundang Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. dan Prof. Dr. Ibnu Hamad sebagai pembicara.

Pada kuliah umumnya, Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. menuturkan salah satunya tentang teknologi informasi. Menurutnya teknologi informasi merupakan inovasi baru dari rangkaian gelombang perkembangan teknologi yang dibutuhkan ekonomi pasar bebas. Sementara, isu penting menyangkut budaya, politik dan sosial ditekan dan diabaikan dengan kehadiran hegemoni teknologi informasi.

Acara selanjutnya adalah kuliah umum oleh Prof. Dr. Ibnu Hamad. Prof. Dr. Ibnu Hamad dalam kuliah umumnya menuturkan tentang “Konten sebagai Arena Hegemoni”. Sebelum era media sosial, hegemoni terjadi pada dua dimensi yaitu alat (media) dan isi (konten). Di era media sosial, konten (postingan) menjadi area hegemoni melalui proses konstruksi realitas hingga menimbulkan fenomena post truth. Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Related Posts