Promosi Doktor Linguistik Sdr. Symphony Akelba Christian

Departemen Linguistik Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Rabu (15/01/2020) meluluskan seorang Doktor yaitu Symphony Akelba Christian dengan disertasi berjudul “Kolokasi Verba Objek Bahasa Mandarin Bidang Transportasi: Kajian Semantik Kognitif”. Sidang terbuka dilaksanakan di Auditorium Gedung IV, dipimpin oleh Prof. Dr. Susanto Zuhdi, dan dihadiri oleh Prof. Dr. Hermina Sutami (Promotor), Dr. Lilie Suratminto (Kopromotor), Totok Suhardijanto, Ph.D. (Ketua tim penguji), Prof. Dr. Praptomo Baryadi Isodarus, M. Hum. (Anggota penguji), Mohammad Umar Muslim, Ph.D. (Anggota penguji), Dr. Felicia Nuradi Utorodewo (Anggota penguji), dan Dr. Sonya Puspasari Suganda (Anggota penguji).

Kolokasi merupakan gabungan kata yang memiliki hubungan makna dan selalu muncul berdampingan. Hubungan makna menyebabkan kolokasi tersebut tidak dapat digantikan dengan kata lain, atau jika digantikan dengan kata lain, akan menyebabkan perubahan makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembentukan kolokasi dari bidang semantik kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang mengkombinasikan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah kolokasi verba dan objek bahasa Mandarin bidang transportasi yang bersumber dari korpus dan Chinese Web 2017 (zhTenTen11) Simplified Sketch Engine.

« of 9 »

Hasil penelitian terhadap 900.029 kolokasi verba dan objek bidang transportasi menunjukkan bahwa konsep yang direpresentasikan oleh karakter Han berperan dalam pembentukan kolokasi, komponen makna dari verba berasosiasi dengan komponen makna dari nomina membangun makna kolokatif menyebabkan kolokasi tersebut tidak tergantikan, bingkai menunjukkan perbedaan perspektif dan interaksi elemen pembentuk kolokasi, dan pemaduan konseptual terbukti dapat digunakan sebagai alat untuk menggambarkan dan menjelaskan pembentukan kolokasi verba dan objek.

Sdr. Symphony Akelba Christian mendapat nilai yang sangat memuaskan serta menjadi doktor ke-349 di FIB UI dan doktor ke-5 Program Studi Linguistik FIB UI yang lulus pada tahun 2020.

 

Related Posts