Penutupan Program BIPA Reguler periode Mei—Agustus 2019

Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (BIPA LBI FIB UI) mengadakan acara penutupan program BIPA Reguler periode Mei—Agustus 2019 pada Sabtu (24/8/19) di ruang Auditorium Gedung IX FIB UI, Kampus UI Depok. Pada periode ini, peserta BIPA 3 yang lulus berjumlah 33 orang.

Pada acara penutupan program periode Mei—Agustus 2019, tema yang diusung adalah Bapisah dek Marantau, Basuo di BIPA, khusus memperkenalkan budaya Minang, Sumatera Barat. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Manajer Program BIPA, Leli Dwirika, M.A. Selanjutnya, kata sambutan dari Dekan FIB UI disampaikan oleh Manajer SDM FIB UI, Eliza Gustinelly, S.S., M.A. yang sekaligus mengalungkan medali kelulusan kepada para peserta yang lulus.

Beberapa penampilan tari dan lagu juga memeriahkan wisuda kali ini. Tari-tarian yang dipertunjukkan antara lain tari Rantak yang berasal dari Sumatera Barat, dengan penari dari peserta BIPA. Sementara itu, kelompok Arumba juga membawakan beberapa lagu, antara lain medley lagu daerah Sumatera Barat dan lagu populer lainnya. Selain kelompok Arumba, kelompok Gamelan juga mempersembahkan lagu Tak Tong Tong. Masa berlatih bagi para pengisi acara adalah tiga bulan.

« of 8 »

Beberapa penghargaan juga diberikan dalam acara ini, yaitu bagi para peserta BIPA 2 dan BIPA 3 terbaik dalam berbagai kategori tulisan. Dua lulusan BIPA 3, yaitu Hong Eun Byoul dan Amihan Ruiz yang menjuarai lomba pidato Bahasa Indonesia mewakili rekan-rekannya untuk menyampaikan pidato kelulusan.

Acara yang berlangsung meriah ini turut dihadiri oleh Wakil Kepala Lembaga Bahasa Internasional FIB UI, Harumi Manik Ayu Yamin, M.Hum., Ketua APPBIPA pusat, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Wakil Kepala APPBIPA Pusat merangkap Ketua APPBIPA Jaya, Totok Suhardiyanto, Ph.D., para pengajar BIPA, dan peserta BIPA yang masih menempuh studi.

Related Posts