id
id

FIB UI Sosialisasikan Program Studi Sarjana dan SIMAK di Kota Medan

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mempromosikan program studi sarjana melalui kegiatan Roadshow SIMAK UI tahun 2019 di Kota Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini diselenggarakan pada 15 April 2019 dengan SMA Harapan Medan bertindak sebagai tuan rumah. Sebanyak 136 siswa dan 22 guru dari 22 SMA negeri dan swasta di Kota Medan dan sekitarnya mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Siswa yang mengikuti sosialisasi merupakan siswa kelas X, XI, dan XII untuk informasi program sarjana. Terdapat pula alumni yang ingin mengetahui prosedur pendaftaran program pascasarjana.

Kegiatan ini diisi dengan presentasi dari Humas UI dan perwakilan fakultas, juga sesi konsultasi di meja masing-masing fakultas. Sesi presentasi dari Humas UI memaparkan informasi umum mengenai jalur masuk UI, khususnya SIMAK. Dua orang perwakilan FIB UI menjadi narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Manneke Budiman, Ph.D., selaku Wakil Dekan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan dan Chysanti Arumsari, M.A. selaku Kepala Humas dan Protokol FIB UI. FIB UI memberikan gambaran umum mengenai lingkungan kampus, penyelenggaraan pendidikan, kegiatan kemahasiswaan, kerja sama dan prestasi melalui video profil dan paparan singkat. Selain FIB, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik turut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi.

« dari 9 »

Kegiatan promosi ini merupakan wujud komitmen Universitas Indonesia sebagai PTN untuk melakukan kegiatan sosialisasi perubahan kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas di setiap program studi, UI perlu melakukan sosialisasi tentang program studi yang dimiliki serta jalur masuknya sehingga calon mahasiswa lebih mengenal program studi yang dipilihnya sejak awal. Di tahun 2019, terdapat beberapa perubahan seleksi calon mahasiswa, antara lain tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sebagai syarat SBMPTN dan dibukanya program reguler di SIMAK UI. Bagi FIB, sosialisasi program studi sangat penting untuk dilakukan karena belum seluruh program studi di FIB UI diketahui oleh para calon mahasiswa di Kota Medan. Kegiatan promosi ini memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mendapatkan informasi program studi potensial, untuk dapat bertanya dan berkonsultasi jurusan yang mereka minati. Selain itu, para calon mahasiswa juga tertarik untuk mengetahui karir lulusan FIB UI.

Saat ini, FIB UI memiliki 15 program studi S1 yang seluruhnya terakreditasi A, yaitu Program Studi Arab, Program Studi Arkeologi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Program Studi Belanda, Program Studi Cina, Program Studi Ilmu Filsafat, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Program Studi Ilmu Sejarah, Program Studi Indonesia, Program Studi Inggris, Program Studi Jawa, Program Studi Jepang, Program Studi Jerman, Program Studi Prancis, dan Program Studi Rusia. Sementara itu, untuk program S2, FIB UI menyelenggarakan 7 program, yaitu Program Magister Arkeologi, Magister Asia Tenggara, Magister Ilmu Filsafat, Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Magister Ilmu Sejarah, Magister Ilmu Susastra, dan Magister Ilmu Linguistik. Terdapat pula 5 Program S3 FIB UI, yaitu Doktor Arkeologi, Doktor Ilmu Filsafat, Doktor Ilmu Sejarah, Doktor Ilmu Linguistik, dan Doktor Ilmu Susastra.

 

Related Posts