FIB UI Hadir di Kota Palembang untuk Sosialisasikan Program Studi Sarjana dan SIMAK

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mempromosikan program studi sarjana melalui kegiatan Roadshow SIMAK UI tahun 2019 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 11 April 2019 di SMA N 17 Plus Palembang. Sejumlah 107 siswa dan 27 guru dari 27 siswa dari berbagai SMA kelas X, XI dan XII negeri dan swasta di Kota Palembang dan sekitarnya menghadiri kegiatan sosialisasi ini.

Roadshow SIMAK UI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan kantor PMB UI bekerja sama dengan Humas UI dan perwakilan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia. Kegiatan sosialisasi ini penting untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas di setiap program studi di Universitas Indonesia. Untuk FIB UI, penting untuk melakukan sosialisasi program studi supaya dapat memberikan informasi program studi di FIB UI yang belum banyak diketahui para calon mahasiswa di Kota Palembang.

Kegiatan sosialisasi di Kota Palembang diawali dengan sambutan dari perwakilan pihak SMA N 17 Plus Palembang selaku tuan rumah. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari Humas UI dan presentasi dari fakultas. FIB UI memberikan paparan melalui penayangan video profil dan paparan singkat, juga tanya jawab seputar penyelenggaraan pendidikan di FIB. Selain presentasi, FIB juga membuka booth pelayanan informasi yang membantu calon mahasiswa dan guru sekolah untuk memndapatkan informasi seputar FIB UI. Narasumber FIB UI dalam kegiatan promosi ini adalah Nurni Wahyu Wuryandari, Ph.D., selaku Manajer Pendidikan dan Chysanti Arumsari, M.A. selaku Kepala Humas dan Protokol FIB UI. Selain FIB, beberapa perwakilan fakultas lain juga turut hadir, antara lain FH, FT, Fasilkom, dan Program Pendidikan Vokasi.

« of 7 »

FIB UI saat ini memiliki berbagai program studi sarjana maupun pascasarjana.  Terdapat 15 program studi S1 yang seluruhnya terakreditasi A, yaitu Program Studi Arab, Program Studi Arkeologi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Program Studi Belanda, Program Studi Cina, Program Studi Ilmu Filsafat, Program Studi Ilmu Perpustakaan, Program Studi Ilmu Sejarah, Program Studi Indonesia, Program Studi Inggris, Program Studi Jawa, Program Studi Jepang, Program Studi Jerman, Program Studi Prancis, dan Program Studi Rusia. Terdapat 7 program S2, yaitu Program Magister Arkeologi, Magister Asia Tenggara, Magister Ilmu Filsafat, Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Magister Ilmu Sejarah, Magister Ilmu Susastra, dan Magister Ilmu Linguistik. Terdapat pula 5 Program S3 FIB UI, yaitu Doktor Arkeologi, Doktor Ilmu Filsafat, Doktor Ilmu Sejarah, Doktor Ilmu Linguistik, dan Doktor Ilmu Susastra.

Para lulusan FIB UI juga memiliki masa tunggu kerja yang sangat singkat, yaitu 0-3 bulan, yang mana para lulusannya berkarir di berbagai bidang di insititusi dalam maupun luar negeri, antara lain Kementerian, TNI/POLRI, Jurnalisitik, Kedutaan Besar Asing, Pariwisata, Pendidikan, Penerbitan, Penyuntingan, Penerjemahan, Penyiaran, Perbankan, Periklanan, dan Perusahaan multinasional.

 

Related Posts