id
id

PPKB FIB UI Selenggarakan Historical Education Trip Bertema “Kopi & Kota Baru Tuan Daendles: Waltervreden di Abad ke-19”

Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (PPKB FIB UI) menyelenggarakan Historical Education Trip pertama di tahun 2019. Tema yang diusung adalah “Kopi & Kota Baru Tuan Daendles: Waltervreden di Abad ke-19”. Perjalanan ini mengajak para peserta untuk mengunjungi titik-titik lokasi wisata di Jakarta Pusat dengan perspektif sejarah abad ke-19 pada masa Herman Willem Daendels, si Tuan Galak.

Selain aspek sejarah, perjalanan ini juga membahas sisi sosial-budaya dan arsitektur dari tiap-tiap lokasi yang dikunjungi serta relevansinya dengan masa sekarang. Sungguh perjalanan yang penuh wawasan dan mengasyikkan!

Tempat yang dikunjungi antara lain Gedung Kantor Pos Pusat, Gedung A.A. Maramis (Istana Daendels), Lapangan Banteng, Gereja Immanuel, Gereja & Museum Katedral, dan Gedung Filateli. Acara Historical Trip kali ini menghadirkan Bapak Dr. Zeffry Alkatiri (Pengamat Budaya Jakarta dan Dosen Program Studi Rusia FIB UI), dan Kresno Brahmantyo (Sejarawan Publik).

Related Posts