FIB UI menjadi Tuan Rumah Kompetisi Memasak “Create Your Thai Food”

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerja sama dengan multimedia kuliner, Yuk Makan, mengadakan kompetisi masak untuk para mahasiswa. Kompetisi masak ini bertemakan “Create Your Thai Food” yang dilaksanakan di Pelataran FIB UI pada hari Kamis, 14 Maret 2019. Tidak hanya mahasiswa dari jurusan kuliner saja yang bisa mengikuti kompetisi ini, semua mahasiswa aktif dari jurusan apapun dari berbagai institusi boleh ikut serta. Acara dibuka dengan sambutan dari perwakilan FIB UI, Dr. Kushartanti yang merupakan Manajer Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat FIB UI, dan sambutan dari Mrs. Busakorn Prommanot dari Tourism Authority of Thailand, TAT. Sebelum kompetisi dimulain, Chef Stefu Santoso selaku ketua dewan juri memberikan pengarahan mengenai aspek penilaian.

Dalam kompetisi masak “Create Your Thai Food” ini, satu tim terdiri atas 2 peserta. Sebanyak 31 tim (62 peserta) yang berpartisipasi diberikan waktu memasak selama 1 jam untuk menghidangkan dua jenis masakan, yaitu Freestyle Thai Salad dan masakan Thailand berbahan utama ikan. Selain memasak masakan wajib, para peserta juga diberikan tantangan tambahan untuk memasak frozen fish cake dari Bobo, kemudian menyajikannya sekreatif mungkin. Penyajian terbaik akan mendapatkan hadiah khusus.

« dari 7 »

Di dalam kompetisi ini, peserta dinilai oleh 3 juri, yaitu Chef Stefu Santoso yang merupakan Ketua Asosiasi Chef Profesional (ACP), Chef Steby Rafael yang dikenal sebagai Celebrity Chef, dan Mrs. Busakorn Prommanot yang merupakan Director of Tourism Authority of Thailand. Penilaian para peserta dinilai dari hidangannya yang kreatif, menarik, dan rasanya yang enak.

Selain para peserta yang mengikuti lomba, semua orang yang hadir di acara ini, termasuk pendukung dari masing-masing peserta, dapat mengikuti lomba posting foto dan video terbaik dengan cara mengunggah foto atau video di Instagram dan menyisipkan keterangan semenarik mungkin.

Pada akhir acara, dari 31 tim yang mendaftar, dipilih 4 team (8 orang) terbaik berdasarkan penilaian para juri untuk memenangkan hadiah berlibur ke Thailand selama 5 hari 4 malam dari TAT. Keempat tim terbaik adalah dari Akademi Pariwisata Bunda Mulia, STP Trisakti, Akademi Pariwisata Jakarta, dan Universitas Negeri Jakarta. Acara ini disponsori oleh Tourism Authority of Thailand, Vicenza, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Borges & Blue Diamond, dan Pertamina. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat apresiasi kepda para dewan juri , penyerahan hadiah untuk para pemenang, dan foto bersama.

Related Posts