id
id

Penutupan Program BIPA Reguler periode September—Desember 2018

Pada hari Sabtu, 15 Desember 2018, Program BIPA LBI FIB UI (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Lembaga Bahasa Internasional, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia) mengadakan acara penutupan program di ruang Auditorium Gedung IX FIB UI, Kampus UI Depok. Pada periode ini, 16 orang peserta dinyatakan lulus dari Program BIPA.

Acara penutupan program mengusung tema Gemah Ripah Loh Jinawi. Tema budaya Jawa ini dipilih sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-78 FIB UI. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Program BIPA, Leli Dwirika, M.A., yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FIB UI yang disampaikan oleh Manajer SDM FIB UI, Eliza Gustinelly, M.A.

Para peserta BIPA yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler juga turut menampilkan hasil latihan mereka dalam acara wisuda kali ini. Marielle Butters, Meas Monich, Amihan Ruiz, Hitomi Asai, Nakanishi Mariko, Yangho Cho mempertunjukkan tari Soyong. Sementara itu, Kim Hyo Won, Mariko Nakanishi, Sun Woo Ran, Park Uiram, Yu Young Jin, Yu Won Jae, Renata Muszynski, dan Shohei Mizuguchi, beserta pelatih mereka, Riuh Gumilang,  mempersembahkan beberapa lagu, antara lain medley lagu Jawa, Oplosan dan Perfect. Selain kelompok Arumba, kelompok Gamelan juga menampilkan kemahiran mereka memainkan lagu Gambang Suling. Dalam acara ini, juara ke-2 dan ke-3 lomba Menyanyikan dan Mengalih Bahasakan Lagu Indonesia pada festival Hari Berbahasa Indonesia, Amihan Ruiz dan Keisuke Kusada, juga berkesempatan mempertunjukkan kemampuan bernyanyi mereka sekali lagi.

« dari 7 »

Beberapa penghargaan juga diberikan dalam acara ini, yaitu bagi para peserta BIPA 2 dan BIPA 3 terbaik dalam berbagai kategori tulisan. Selain itu, Program BIPA UI juga memberikan penghargaan kepada para pemenang Olimpiade Budaya, yaitu Park Uiram, Shu Uozumi, Keisuke Kusada, Shohei Mizuguchi, Lu Ning, Chen Wei Ren, Zhang Ji Yuan, Caelan, Harry Groves, sebagai anggota tim juara 1 lomba basket putra dan Kim Ian Hyunug sebagai juara 1 lomba tenis pria. Sebagai perwakilan dari para wisudawan, Park Uiram menyampaikan pidato perpisahan. Acara yang berlangsung meriah ini turut dihadiri oleh Asisten Direktur Nihongo Partner dan para pengajar BIPA, dan peserta BIPA yang masih menempuh studi di tingkat 1 dan 2.

Related Posts