id
id

Bincang-Bincang dan Workshop Batik: “Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia”

Depok, 4 Oktober 2018 – Pusat Penelitian Kemasyarakatan Budaya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (PPKB FIB UI), Sahabat Budaya Indonesia, dan Ikatan Wanita Keluarga (IWK) FIB UI menyelenggarakan kegiatan “Bincang-Bincang dan Workshop Batik: Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia”, bertempat di Auditorium Gedung IV FIB UI. Acara ini dibuka dengan sambutan Kepala PPKB FIB UI, Dr. Ali Akbar, S.S., M.Hum., Ketua IWK FIB UI, Ibu Ulfa Hassan, dan Manajer Umum, Prapto Yuwono, S.S., M.Hum.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional 2018 ini, mendatangkan beberapa pembicara ternama pada bidangnya, seperti Dr. Karsono H. Saputra, Pakar Budaya Jawa dan Abang Ahmad, Sahabat Budaya Indonesia, serta dimoderatori oleh Dr. Widhyasmaramurti, M.A.. Dalam sesi diskusi dapat disimpulkan bahwa budaya Batik merupakan kebudayaan Indonesia yang harus kita lestarikan, karena budaya batik merupakan budaya yang intangible atau bisa disebut budaya yang bukan berbentuk fisik, maka kebudayaan tersebut harus dirawat dan dijaga agar eksistensi nilai kebudayaan tersebut tetap ada. Setelah sesi tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang dilanjutkan dengan Workshop Praktik Membatik dan Jumputan yang diikuti para peserta yang sangat antusias. Di workshop batik ini, peserta mendapatkan kain mori seukuran sapu tangan, dan juga sertifikat.
Rangkaian acara pada kegiatan ini meliputi Mini Pameran Batik, Pemutaran Film Royal Wedding Kraton Yogya (1920): GKR Timoer HB VII dengan KGPAA MN VIII, Praktik Membatik dan Jumputan, dan lelang kain batik dari IWK FIB UI yang seluruh hasilnya didonasikan untuk bencana di Palu dan Donggala.

Video

Related Posts