id
id

Tim Pengmas FIB UI Gandeng Museum Batak TB Silalahi Center Berdayakan UMKM Balige, Sumatera Utara

 

Tim pengabdi masyarakat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) memberikan sosialisasi serta pendampingan kepada 21 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di sekitar wilayah Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Acara yang berlangsung pada 30 Juli – 1 Agustus yang lalu ini merupakan hasil kerja sama antara Tim Pengabdi FIB UI dengan Museum Batak TB Silalahi Center.

Sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan merupakan bagian dari program hibah pengabdian masyarakat UI skema Peningkatan Kapasitas Produk Unggulan Daerah. Tim pengabdi terdiri dari dosen serta mahasiswa, di antaranya: Dr. Irmawati Marwoto, Ghilman Assilmi, M.Hum., Alqiz Lukman, M.A., Jelita Permata, Afifa Tajriatul Muawanah, dan Danang Aryo Nugroho.

Program pengabdian masyarakat ini juga sebagai bagian dari dukungan terhadap program pemerintah yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas serta termasuk ke dalam 10 “Destinasi Bali Baru”. Melalui program ini, diharapkan para pelaku UMKM di wilayah Balige yang telah memiliki produk dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu menggaet pasar internasional sesuai dengan target pemerintah.Di samping itu, program ini mampu menjadikan masyarakat Balige sebagai percontohan dalam peningkatan kapasitas produk lokal sehingga menjadi produk unggulan daerah yang berdaya saing kuat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Related Posts