id
id

Promosi Doktor Christina Turut Suprihatin

Departemen Ilmu Susastra Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) tahun 2015 ini, kembali meluluskan Doktor Bidang Ilmu Susastra. Rabu (21/01/2015), bertempat di Auditorium 1103, kampus FIB UI Depok, Dr. Christina Turut Suprihatin (Pengajar Program Studi Belanda FIB UI) berhasil mempertahankan Disertasinya berjudul “Ruang Kolonial dan Ideologi Huisje-Boompje-Beestje Dalam Karya Perempuan Penulis Hindia-Belanda”, dalam sidang terbuka yang dipimpin Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A. Dalam sidang yang dihadiri oleh Promotor/Penguji Prof. Melani Budianta, Ph.D., Kopromotor Dr. Lilawati Kurnia, dan tim penguji yaitu Manneke Budiman, Ph.D., Dr. Jugiarie Soegiarto, M.Hum, Dr. C.R. Groeneboer, Dr. Widjajanti Dharmowijono, dan Mina Elfira, M.A., Ph.D., Christina berhasil meraih Yudisium Sangat Memuaskan.

Dalam disertasinya, Christina membahas upaya untuk menciptakan kenyamanan, dan mempertahankan diri di wilayah koloni yang dilakukan para perempuan Eropa/Indo. Kenyamanan yang diinginkan mengikuti diskursus yang ada di Belanda, yang ditunjukkan dengan konsep HBB, Huisje (merujuk pada ranah ‘dalam’ = domestik)-Boompje-Beestje (merujuk pada ranah ‘luar’ tetapi bukan sepenuhnya ranah publik). Persinggungan budaya penghuni ruang kolonial di berbagai contact zone dicermati, melalui pencermatan fokalisator atau tuturan narator. Konstruksi ruang kolonial yang ada mencerminak sikap dan pandangan penulis perempuan terhadap isu sejaman. Kritik Representasi Kolonial Meijer dan Huigen dipadukan dengan pemaknaan tiga elemen dalam ideologi Huisje-Boompje-Beestje di Hindia. Pemaduan tersebut memperlihatkan hal berbalik, isu konkubinasi justru ditanggapi teks fiktif dengan fokalisator utama tokoh laki-laki. Dalam ruang kolonial yang patriarkal, teks dengan tokoh utama perempuan bersemangat memandang ruang kolonial, namun hampir-hampir tidak bereaksi terhadap konkubinasi.

Dengan keberhasilannya ini, Dr. Christina Turut Suprihatin menjadi Doktor ke-5 FIB UI dan merupakan Doktor yang ke-5 bidang studi Ilmu Susastra yang lulus pada tahun 2015 ini.

Related Posts