id
id

Wisuda Program BIPA Reguler FIB UI Periode Januari-Mei 2014

Program BIPA LBI FIB-UI menggelar acara Wisuda Program BIPA Reguler Periode Januari-Mei 2014 di Auditorium Gedung IX FIB-UI, Sabtu (10/05/2014

Mengambil tema “Tak Kan Melayu Hilang di Bumi”, yang dikutip dari Sumpah Hang Tuah dalam Kitab Salalatus Salatin, Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) FIB UI pada hari Sabtu, 10 Mei 2014, bertempat di Auditorium Gd. IX FIB UI, menyelenggarakan Acara Wisuda bagi peserta Program BIPA Reguler Periode Januari-Mei 2014. Acara diisi dengan persembahan tarian, dan permainan musik Arumba yang memainkan beberapa lagu khas Bumi Melayu Riau yang dibawakan oleh para mahasiswa BIPA.

Ucapan selamat dan terima kasih atas kepercayaan para wisudawan memilih Program BIPA LBI FIB UI sebagai tempat untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia, disampaikan oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A. dalam pidatonya mengawali acara wisuda kali ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan Program BIPA Reguler Periode Januari- Mei 2014, yang disampaikan oleh Kepala Program BIPA FIB UI, Dwi Puspitorini, M.Hum. Program BIPA Reguler Periode Januari- Mei 2013 diikuti oleh sekitar 277 peserta dari 14 negara. Program BIPA periode ini juga membuka kelas khusus untuk mahasiswa Prince Songkla University.

Dalam wisuda ini, diumumkan juga para lulusan BIPA terbaik dari setiap tingkatnya. Untuk BIPA 1, peserta terbaik jatuh kepada Minkyung, dari Korea Selatan yang berhasil meraih nilai akhir 97.33 dengan Indeks Prestasi (IP) 4.00. Untuk tingkat BIPA 2, predikat peserta terbaik diraih oleh Choi Dong Min, masih dari Korea Selatan, dengan nilai akhir 94.93 dan IP 4.00. Sedangkan untuk tingkat BIPA 3 atau tingkat yang berhasil diwisuda kali ini, predikat peserta terbaik diraih oleh Atsushi Maruo dari Jepang, dengan nilai 95.00 dan IP 4.00. Seluruh wisudawan/ti mendapatkan medali dan sertifikat kelulusan, yang diserahkan langsung oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus. L.G Waworuntu, M.A. dan Direktur LBI FIB UI Christinne T. Bachrun, M.A.

Tidak ketinggalan pula, dalam acara ini, panitia acara mengumumkan para peserta yang berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Penulis Karya Ilmiah dan Artikel Populer terbaik. Untuk Kategori Penulisan Karya Ilmiah Terbaik, Terbaik 3 diraih oleh Atsushi Maruo dengan judul tulisan “Persepsi Masyarakat Jakarta terhadap diberlakukannya Kebijakan Low Cost Green Car”, Terbaik 2 diraih oleh Tetsu Yazawa dengan judul artikel “Pemanfaatan Natubara sebagai Sumber Daya Tenaga Listrik bagi Indonesia”, dan Terbaik 1 berhasil diraih oleh Tanaka Yushi yang menulis artikel menarik yang sejalan dengan kondisi politik Indonesia tahun 2014 ini, berjudul “Pernyataan Partai Politik Indonesia menjelang Pemilu 2014”.
Penghargaan untuk Penulis Artikel Populer Terbaik dibagi menjadi beberapa kategori. Penghargaan Penulis Artikel Informatif Terbaik diraih oleh Lee Joon Seung dengan judul artikel “Bermanin Golf dengan Murah”. Untuk Kategori Profil, penghargaan diberikan kepada Kazuumi Kushido dengan judul tulisan “Sang Pemberani”, Kategori Ulasan Film diberikan untuk judul tulisan “The Power of Love: Keharmonisan Keluarga dan Pengorbanan Cinta” berdasarkan film “Habibie dan Ainun, yang ditulis oleh Song Eun Mi, sedangkan Kategori Penulis Ulasan Lagu Terbaik berhasil diraih oleh Lee Joon Seung dengan judul tulisan ”Tapi Mengapa Cinta Datang Terlambat”.
Wisudawan/ti juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada para pengajar Program BIPA FIB UI, dengan berbagai cara. Wakil wisudawan/ti yaitu Atsushi Maruo dan Noh Seung Joo mengucapkan pidato terima kasih mereka mewakili rekan-rekannya, juga menyampaikan kesan dan pengalaman mereka saat pertama kali belajar bahasa Indonesia di Program BIPA FIB UI. Berbagai pengalaman unik dan menarik mereka sampaikan, mulai dari mereka saat belum bisa mengucapkan sepatah katapun dalam bahasa Indonesia, sampai akhirnya mereka bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan cukup lancar dalam menjalankan pekerjaan mereka sehari-hari di Indonesia. Pidato wakil wisudawan ini kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih melalui persembahan lagu dari seluruh wisudawan/ti.

Related Posts