id
id

Kuliah Umum: “Netiquette on E-mail and Instant Messenger”

Program Studi Jepang Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerja sama dengan The Japan Foundation menyelenggarakan kuliah umum mengenai ““Netiquette on E-mail and Instant Messenger” (Eメール・インスタントメッセジーにおけるネチケット)

pada Kamis, 24 April 2014, jam 10—12 WIB, di Ruang Auditorium Gedung X FIB UI Depok, yang disampaikan oleh Ms. Hatta Naomi, Japanese Language Senior SpecialistThe Japan Foundation.

Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan satu pengetahuan dan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet — khususnya dalam menggunakan e-mail dan pesan instan (instant messenger) — kepada mahasiswa dan staf pengajar Program Studi Jepang di dalam berkomunikasi secara tertulis dengan orang Jepang.

Acara yang dihadiri oleh 100 orang undangan dari mahasiswa dan staf pengajar Program Studi Jepang FIB UI ini dibuka secara resmi oleh Manneke Budiman, Ph. D selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIB UI. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya memahami Netiquettesebagai panduan dalam berinteraksi di dunia maya, apalagi saat ini perkembangan teknologi perangkat bergerak berjalan sangat pesat, dimana perkembangan perangkat bergerak saat ini menuju ke arah mobile smartphone yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi serta terdapat fungsi Personal Digital Assistant (PDA) di dalamnya dan memiliki kemampuan layaknya komputer, dan semuanya dapat diakses dalam genggaman tangan. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman Netiquette yang baik dari pengguna di dalam mengoperasikan perangkat tersebut, khususnya untuk berkomunikasi dengan pengguna lain.

Related Posts